Tahap Pertama New Normal, Erick Thohir Latih BUMN agar Tak Blunder

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 26 Mei 2020 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 26 320 2219800 tahap-pertama-new-normal-erick-thohir-latih-bumn-agar-tak-blunder-hEO81Ggo4j.jpg Erick Thohir (Foto: Kementerian BUMN)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku sudah siap jika sewaktu-waktu pemerintah membuka kembali aktivitas sosial dan ekonomi dalam rangka new normal. Mengingat dirinya sudah menyiapkan protokol operasional BUMN sejak jauh-jauh hari.

Menurut Ercik Thohir, para perusahaan pelat merah pun sudah menyampaikan kesiapannya jika nantinya aktivitas sudah mulai kembali normal. Ada sekitar 86% yang sudah menyiapkan protokol pengoperasian BUMN jika aktivitas dibuka kembali oleh pemerintah.

"Itu lah mesti mapping dari awal, alhamdulillah dari hasil mapping kita 86% BUMN siap," ujarnya di Jakarta (26/5/2020).

Baca Juga: Tahap Pertama New Normal: Mal Dibuka 5 Juni, Pengunjung Hanya Diizinkan 500 Orang

Saat ini lanjut Erick pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan adalah bagaimana mendukung BUMN yang belum siap. Karena menurutnya, ketika pemerintah membuka kembali aktivitas sosial dan ekonomi, tidak ada alasan bagi perusahaan pelat merah untuk tidak siap.

"Nah ini kan yang menarik ada yang enggak siap, yang enggak siap ini harus kita pandu, kita guidance, kita coaching supaya mereka tidak bikin blunder di lapangan," jelasnya.

Baca Juga: Akan Kembali Buka Mal, Presiden Jokowi: Tetap Produktif tapi Aman Covid-19

Erick juga meminta kepada seluruh perusahaan BUMN untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dari pemerintah. Seperti dengan menjaga jarak, menggunakan masker dan selalu rajin untuk cuci tangan.

"Tentu kalau kita bicara kebijakan lebih besar, saya sepakat yang namanya protokol Covid harus balance antara keselamatan daripada individunya tapi pelan-pelan kita harus menggerakkan ekonominya, ini harus bersamaan," jelas Erick

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini