Maduro akan Akhiri Kebijakan Penyediaan BBM Gratis

Kamis 28 Mei 2020 19:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 28 320 2221148 maduro-akan-akhiri-kebijakan-penyediaan-bbm-gratis-mhhFud1TUX.jpg Nicolas Maduro (Foto: Business Insider)

JAKARTA - Presiden Venezuela Nicolas Maduro mulai meminta warganya untuk membayar bensin. Hal ini dilakukan saat kargo keempat dari lima tanker yang membawa bahan bakar dari Iran mendekati zona ekonomi eksklusif negara di Amerika Selatan itu.

Iran menyediakan 1,53 juta barel bensin dan sejumlah produk bahan bakar minyak (BBM) lainnya untuk negara itu guna meringankan kelangkaan akut BBM.

 konsumsi BBM

Seperti dilansir dari VOA, Kamis, (28/5/2020), Maduro menjelaskan, kedatangan pasokan bensin itu akan mengakhiri kebijakan penyediaan bahan bakar gratis. Kelangkaan akut BBM mengakibatkan warga Venezuela mengantre selama berjam-jam di sejumlah pom bensin atau membeli dengan harga yang mahal di pasar gelap.

 Baca juga: Seberapa Penting Subsidi BBM di Tengah Pandemi Covid-19?

Maduro menekankan upaya mengakhiri kebijakan penyediaan bahan bakar gratis setelah harga tidak berubah selama lebih dari dua dekade. Namun dia tidak merinci lebih lanjut.

 Baca juga: Awalnya Hanya 60 Mal yang Akan Dibuka, Kini Jadi 70 Titik

"Bensin harus dibayar," kata Maduro dalam pidato pada sebuah televisi milik pemerintah, sekaligus memaparkan kenaikan harga itu menjadi bagian dari suatu rencana normalisasi dan regularisasi.

(DRM)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini