Ini 4 Prasyarat untuk Menjamin Produktivitas dan Keamanan Masyarakat saat New Normal

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 29 Mei 2020 17:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 29 320 2221657 ini-4-prasyarat-untuk-menjamin-produktivitas-dan-keamanan-masyarakat-saat-new-normal-iMbP5rpCCU.jpg Menghadapi new normal (Foto: The Economic Times)

JAKARTA – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas merumuskan protokol masyarakat produktif dan aman Covid-19 menuju new normal. Yakni hidup berdampingan secara aman dengan Covid-19.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menjelaskan, berdasarkan pengalaman keberhasilan negara lain dalam menangani pandemi Covid-19, prasyarat utama yang diperlukan untuk menjamin produktivitas dan keamanan masyarakat antara lain:

 new normal

1. Penggunaan data dan keilmuan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk pengurangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

2. Pengurangan PSBB dilakukan melalui beberapa tahapan dan zona

3. Penerapan protokol kesehatan yang ketat melalui disiplin dan pengawasan oleh aparat

4. Review pelaksanaan pengurangan PSBB yang dapat menimbulkan efek jera sehingga dimungkinkan adanya pemberlakuan kembali PSBB secara ketat apabila masyarakat tidak disiplin dalam beraktivitas

Empat prasyarat ini untuk menentukan kriteria langkah kesehatan dalam menentukan kebijakan pengurangan PSBB.

Baca juga: Skenario New Normal, Menteri PPN: Bisa Dipertanggungjawabkan

“Kami paham kesulitan memberlakukan pembatasan sepenuhnya, sementara kita juga harus menjaga roda perekonomian tetap berjalan. Ekonomi kita telah berusaha bertahan selama pandemi ini," ujar Suharso dalam keterangan persnya, Jumat (29/5/2020).

Baca juga: New Normal versi Pengusaha, Perusahaan Selalu Sediakan Hand Sanitizer

Pertumbuhan ekonomi kuartal I 2020 hanya 2,97 persen. Oleh karena itu kita perlu memasuki new normal, setidaknya sampai vaksin dan obat Covid-19 tersedia atau kasus Covid-19 dapat ditekan menjadi sangat kecil.

(DRM)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini