Dampak Covid-19, Menko Luhut: Ekonomi Suatu Negara Bisa Pulih Dalam 5 Tahun

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 19:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 02 20 2223469 dampak-covid-19-menko-luhut-ekonomi-suatu-negara-bisa-pulih-dalam-5-tahun-5N0L8W8xPU.jpg Menko Perekonomian Luhut Binsar Pandjaitan (Youtube)

JAKARTA - Dampak penyebaran pandemi virus corona atau Covid-19 ini membuat ekonomi suatu negara menjadi lesu. Bahkan, ekonomi suatu negara baru bisa pulih setelah 5 tahun.

"Jadi, saya bicara dengan World Bank dampak dari pandemi ini bisa sampai 5 tahun baru bisa pulih kembali income ataupun gross domestic product (GDP) suatu negara," ujar Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam diskusi online, Jakarta, Selasa (2/6/2020).

 Baca juga: Soal Pilihan Kesehatan atau Ekonomi, Sri Mulyani: Jaga Keseimbangan Keduanya

Menurutnya, Covid-19 telah menimbulkan perlambatan ekonomi secara global. Di mana Indonesia sendiri mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi hingga 2,9% pada kuartal-I 2020.

"Apabila kita lihat perlambatan ekonomi global, bagaimana China turun, Indonesia juga sampai sekarang masih bersyukur di 2,9% di kuartal pertama. Namun kita harus hati hati juga jangan sampai turun lagi di bawah 0. Sementara Singapura juga sudah turun -2,2%. Oleh karena itu semua negara kena dampak Covid," ungkap dia.

 Baca juga: Buruh Masih Bekerja, Ekonomi Tetap Berjalan

Dia menjelaskan, Indonesia sendiri terkena dampak Covid-19 dengan adanya penurunan kinerja pada 6 sektor penting penyokong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Di mana 6 sektor itu memberikan andil sekitar 69% pada ekonomi.

"Kita lihat penurunan pertumbuhan paling signifikan terlihat di sektor industri pengolahan, perdagangan besar dan eceran serta konsumsi. Dari sisi permintaan, konsumsi dan investasi terkena dampak paling besar," tandas dia.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini