Presiden Jokowi Minta Pemulihan Ekonomi Dilakukan dengan Gotong Royong

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 03 Juni 2020 12:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 03 320 2223793 presiden-jokowi-minta-pemulihan-ekonomi-dilakukan-dengan-gotong-royong-kjYjp9sSwJ.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta agar seluruh pihak bergotong-royong dalam memulihkan kembali perekonomian nasional akibat covid-19. Salah satu caranya adalah dengan cara berbagi beban kerja.

Menurut Jokowi, pemerintah, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga pengusaha harus bersama-sama memikul beban bersama dan bisa menanggung beban dengan proposional. Sehingga menurutnya, cobaan akibat pandemi ini bisa dilewati.

Baca juga: Gap Stimulus Ekonomi Indonesia, Dibandingkan Singapura hingga Amerika

"Saya minta konsep berbagi beban sharing the pain harus menjadi acuan bersama antara pemerintah, BI, OJK, Perbankan dan pelaku usaha harus betul betul bersedia memikul beban, bergotong royong , bersedia bersama sama menanggung risiko secara proposional," ujarnya saat membuka rapat terbatas virtual, Rabu (3/6/2020).

 

Namun menurut Jokowi, program pemulihan ekonomi juga harus dijalankan secara hati-hati. Sehingga terhindar dari moral hazard yang akan merugikan ekonomi negara.

"Dan dilaksanakan dalam prinsip kehati-hatian," ucapnya.

Baca juga: Dampak Covid-19, Menko Luhut: Ekonomi Suatu Negara Bisa Pulih Dalam 5 Tahun

Menurut Jokowi, langkah tersebut akan membuat dunia usaha maupun korporasi kembali berjala. Sehingga, gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dihindari serta sektor keuangan bisa terjaga.

"Agar pelaku usaha, korporasi tetap berjalan, PHK masif dapat kita cegah dan sektor keuangan tetap stabil dan tentu saja pergerakan roda ekonomi tentu saja tetap bisa kita jaga," ucapnya

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini