Imbas Covid-19, Fasilitas Cukai Rokok hingga Minuman Alkohol Bakal Diperpanjang

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 320 2228811 imbas-covid-19-fasilitas-cukai-rokok-hingga-minuman-alkohol-bakal-diperpanjang-TkVXQdtmCd.jpg Ilustrasi Rokok (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Kementerian Keuangan membuka peluang untuk memperpanjang pemberian fasilitas cukai apabila pandemi virus corona atau Covid-19 tak kunjung berakhir.

Menurut Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai DJBC Nirwala Dwi Heryanto, pemerintah akan mengkaji perpanjangan fasilitas cukai untuk industri rokok, minuman beralkohol, dan etil alkohol jika para pelaku usaha membutuhkannya.

Baca juga: Perusahaan Kawasan Berikat Dapat Keringanan Cukai, Begini Aturannya

"Jadi perpanjangan pemberian fasilitas ini kami berharap, industri tetap bisa bertahan di tengah pandemi," ujar dia pada IDX Channel, Jumat (12/6/2020).

Dia menjelaskan, pemberian fasilitas cukai di tengah pandemi ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar menjaga keberlangsungan industri.

Baca juga: Ini Relaksasi bagi Pengusaha yang Lunasi Pita Cukai di Tengah Covid-19

"Presiden khawatir terhentinya operasional industri, termasuk produsen barang kena cukai, akan langsung berdampak pada para pegawainya," ungkap dia.

Pihaknya telah memberikan sejumlah fasilitas cukai sebagai respons atas pandemi ini. "Fasilitas itu berupa penundaan pembayaran cukai yang pengajuan 9 April hingga 9 Juli 2020, selama 90 hari dari yang sebelumnya hanya 2 bulan," tandas dia.

(kmj.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini