Pasar Tanah Abang Dibuka Lagi, Intip Aktivitas Perdagangannya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 15 Juni 2020 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 320 2230190 pasar-tanah-abang-dibuka-lagi-intip-aktivitas-perdagangannya-YdsYHMisvC.jpg Pasar Tanah Abang Dibuka Lagi (Foto: Okezone/Fadel)

JAKARTA - Pusat grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat kembali mulai beroperasi pada Senin (15/6/2020) sesuai arahan PSBB transisi fase I soal pembukaan pasar non-pangan setelah sebelumnya ditutup sejak Maret 2020. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran pandemi virus corona atau Covid-19.

Berdasarkan pantauan Okezone di Blok F Pasar Tanah Abang, sebelum memasuki area pasar, seluruh pengunjung dan pedagang harus melewati pengecekan suhu dari setiap petugas. Setelah itu, mereka diharuskan untuk mencuci kedua tangannya di wastafel yang telah disediakan.

Baca Juga: Kembali Buka 15 Juni, Kios di Tanah Abang Akan Terapkan Ganjil Genap 

Pengecekan itu juga bekerja sama dengan personel TNI yang berjaga-jaga di lokasi. Apabila terjadi penumpukan, ada seorang petugas yang menggunakan pengeras suara agar para pengunjung melakukan physical distancing atau jaga jarak diri.

Pasar Tanah Abang 

Memasuki ke area pasar, nampak para pedagang dan pembeli telah memadati area tempat berdagang. Kios-kios yang dibuka pun sesuai dengan aturan dari Pemprov DKI, yakni ganjil-genap.

Seluruh aktivitas di dalam pasar mewajibkan setiap pembeli dan penjual menggunakan masker. Waktu operasional perdagangan di sana masih dibatasi, yaitu dimulai sejak pukul 07.00 hingga 14.00 WIB.

Baca Juga: Kabar Gembira, Pasar Tanah Abang Kembali Buka 15 Juni 2020 

Sebelumnya, Perumda Pasar Jaya akan kembali membuka Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada 15 Juni 2020 mendatang. Hal itu menyusul adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di wilayah Ibu Kota.

"Akan dibuka tanggal 15 Juni sesuai arahan Pemprov tentang PSBB transisi," kata Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin kepada Okezone, Senin 8 Juni 2020.

Pasar Tanah Abang 

Dia mengaku akan menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satu caranya dengan memberlakukan kios ganjil dan genap.

"Kios ganjil buka ditanggal ganjil. Lalu, jumlah pengunjung juga akan dibatasin," ujarnya.

(dni)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini