Bagikan Dividen Rp3,65 Triliun, Bos Bukit Asam: Itu Domain Pemegang Saham

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2020 17:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 278 2231768 bagikan-dividen-rp3-65-triliun-bos-bukit-asam-itu-domain-pemegang-saham-rhutK9WrqX.jpeg Indeks Harga Saham Gabungan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - PT Bukit Asam (Persero) Tbk, telah membagikan dividen sebesar Rp3,65 triliun atau 90% dari laba bersih perseroan yang mencapai Rp4,1 triliun. Keputusan itu ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk Tahun Buku 2019.

Menurut Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin keputusan pembagian dividen ini merupakan domain dari pemegang saham dalam hal ini PT Indonesia Asahan Aluminium atau Inalum sebagai induk holding pertambangan.

Baca juga: Tahun Ini PTBA Targetkan Produksi Batu Bara 30,3 Juta Ton, Cuma Naik Tipis

Kemudian, lanjut dia, kebutuhan pendanaan dari holding BUMN pertambangan sangat besar.

"Jadi ini domain dari pemegang saham. Dan ini terkait kebutuhan pemegang saham dalam hal ini Inalum," ujar dia pada acara IDX Channel, Rabu (17/6/2020).

Sebelumnya, PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) memastikan proyek gasifikasi atau hilirisasi batu bara akan tetap berjalan. Apalagi perseroan juga sudah melakukan kerjasama dengan perusahaan asal Amerika Serikat (AS) Air Products & Chemical Inc.

Baca juga: Harga Saham Terjungkal di Bawah Rp2.000, PTBA Siap Lakukan Buyback

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Arviyan Arifin mengatakan pihaknya akan segera melakukan tender untuk pelaksanaan enginnering, procurement dan construction (EPC). Sebab, pihaknya bersama dengan perusahaan asal Amerika Serikat sudah melakukan kajian dalam membuat front end engineering design (FEED).

"Proyek ini tetap diteruskan dan kita sudah miliki partner sekaligus provider teknologi Air Product, kita lagi pertajaman kajian FEED. Kita akan lakukan tender EPC," ujarnya dalam telekonferensi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini