Dalih Pertamina soal Rencana Penghapusan Premium

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 12:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 320 2232157 dalih-pertamina-soal-rencana-penghapusan-premium-HxU4E8AIp5.jpg Pertamina Tegaskan Masih Salurkan BBM Premium. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menegaskan tidak ada rencana menghapus BBM penugasan, Premium. Namun perseroan dihadapkan dengan regulasi soal produk ramah lingkungan.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, Merujuk pada ketentuan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) No 20 Tahun 2017, disyaratkan standar baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor sesuai dengan standar EURO 4 sehingga BBM yang digunakan untuk uji emisi agar minimal mengikuti RON minimal 91 atau CN minimal 51.

Baca Juga: Pertamina Bakal Kurangi Produk BBM, Premium dan Pertalite Dihapus?

Oleh sebab itu, Pertamina juga terus melakukan edukasi dan mendorong konsumen agar beralih menggunakan BBM yang lebih ramah lingkungan.

“Sesuai kesepakatan dunia dan Pemerintah, setiap negara berupaya menurunkan emisi karbon dan mengurangi polusi udara, salah satunya dengan menggunakan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan. Seperti yang sudah kita rasakan sejak PSBB, langit biru dan udara lebih baik, untuk itu kami akan mendorong masyarakat untuk menggunakan produk yang lebih berkualitas,” ujarnya, dalam keterangannya, Kamis (18/6/2020).

Baca Juga: Fadli Rahman, Komisaris Milenial Pertamina Hulu Energi

Kendati demikian, Pertamina sekali lagi masih menyalurkan Premium. Di mana pada awal 2020, Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas telah mengeluarkan Surat Keputusan yang memberikan penugasan kepada badan usaha yang ditunjuk, termasuk Pertamina untuk menyalurkan Premium atau Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Jenis Bensin (Gasoline) dengan kuota sebesar 11.000.000 KL.

“Berdasarkan penugasan dari Pemerintah, saat ini Pertamina masih menyalurkan dan menyediakan Premium di Indonesia,” ujarnya.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini