Pasar di China Sangat Terkontaminasi Virus Corona, Kios Penjual Makanan Laut

Jum'at 19 Juni 2020 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 320 2232969 pasar-di-china-sangat-terkontaminasi-virus-corona-kios-penjual-makanan-laut-T6owq69A76.jpeg Waspada Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pejabat China memastikan bahwa kios penjual makanan laut dan daging di pasar grosir Xinfadi, di Beijing, sangat terkontaminasi virus corona. Hal ini ditegaskan dalam konferensi pers di Beijing, Kamis (18/6/2020).

Para pejabat menduga suhu dan tingkat kelembaban yang rendah di kawasan itu mungkin menjadi faktor yang berkontribusi pada perebakan virus mematikan itu.

Baca Juga: Berikut 6 Pasar di Jakarta dengan Sebaran Virus Corona Tinggi

“Dari kasus-kasus Covid-19 yang dilaporkan, khususnya pemeriksaan terhadap produk-produk yang dijual di pasar itu, kami mendapati yang paling parah adalah kios yang menjual produk makanan laut, disusul kios yang menjual daging sapi dan kambing, dan kemudian kios-kios lain," kata Kepala epidemiologi di Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit China Wu Zunyou dilansir dari VOA.

Dia mengatakan, pasien yang mengkonsumsi makanan dari kios makanan laut itu menunjukkan gejala lebih dulu dibanding lainnya. Pemeriksaan awal menunjukkan suhu dan tingkat kelembapan udara yang rendah mungkin yang membuat virus corona itu bertahan.

 

Sejak 11-17 Juni, Beijing melaporkan 158 kasus virus corona. Sebagian besar kasus terbaru yang dilaporkan terjadi di Beijing, terkait dengan pasar grosir Xinfadi yang menjual sayur mayur, buah-buahan dan daging bagi kebutuhan sekitar 21 juta warga di kota itu.

Pasar yang kini sudah ditutup itu memasok sekitar 70% kebutuhan sayur mayur, 10% kebutuhan daging babi dan 3% kebutuhan daging sapi dan kambing di kota itu.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini