Dirut Jamin PLN Tak Bangkrut jika Pemerintah Bayar Utang Rp48 Triliun

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 320 2236140 dirut-jamin-pln-tak-bangkrut-jika-pemerintah-bayar-utang-rp48-triliun-rPzwpcFX1P.jpg Dirut PLN soal Utang Pemerintah (Foto: Dok PLN)

JAKARTA - PT PLN (Persero) mencatat kerugian Rp38,88 triliun di kuartal I-2020. Kerugian itu terjadi akibat pelemahan Rupiah.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini mengatakan, pihaknya optimis operasional PLN bisa bertahan hingga akhir tahun meski kondisi keuangan pada kuartal pertama tidak menggembirakan. Hal itu terjadi apabila pemerintah membayarkan kompensasi utang sebesar Rp45,42 triliun.

"Jadi dengan masuknya dana itu, kami akan pastikan operasional tetap aman sampai berakhirnya 2020," ujar dia di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Baca Juga: Rincian Utang Pemerintah Rp48 Triliun di PLN, Kapan Dibayar? 

Kemudian, lanjut dia, di samping pembayaran kompensasi utang dari pemerintah, Perseroan juga akan mengoptimalkan penjualan listrik dari pelanggan.

"Dengan hal itu, kami berharap operasional bisa tetap berjalan dan memberikan pelayanan ketenagalistrikan yang berkualitas dan diandalkan," ungkap dia.

Baca Juga: DPR Panggil Dirut PLN Bahas Pencairan Utang Pemerintah Rp48,4 Triliun 

Di sisi lain, Wakil Ketua Komisi VI Aria Bima mempertanyakan kondisi keuangan yang rugi Rp38,88 triliun pada triwulan I 2020.

"Kami telah mendengar mengalami kerugian Rp38 triliun itu. Maka apa sih yang hal tersebut bisa terjadi?" tanya dia kepada Dirut PLN Zulkifli Zaini.

Dia pun kembali bertanya, apakah dengan adanya pencairan utang pemerintah PLN tidak akan bangkrut. "Jadi tak benar dan Pak Dirut yakin PLN ini akan bangkrut hanya bertahan Oktober? Pak Dirut yakin tidak akan terjadi?," tambah dia.

Dirut PLN Zulkifli Zaini memastikan PLN tidak akan bangkrut apabila pemerintah membayar utang ke PLN secepatanya. "Tidak akan terjadi, Insya Allah kalau kompensasi dibayarkan," tegasnya.

Sebelumnya, Dirut PLN Zulkifli Zaini mengatakan nilai utang pemerintah ke PLN sebesar Rp48,46 triliun. Hal itu terdiri dari Rp45 triliun berasal dari kompensasi tarif listrik 2018 dan 2019.

"Lalu Rp3 triliun berupa tambahan kebijakan diskon tarif rumah tangga pada pandemi virus corona atau Covid-19," ujar dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini