Cerita Menhub Turun Berat Badan Sampai 16 Kg karena Covid-19

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 27 Juni 2020 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 27 320 2237327 cerita-mehub-turun-berat-badan-sampai-16-kg-karena-covid-19-Y9SgzK9x9Q.jpeg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bercerita sempat kehilangan bobot sampai 16 kilogram (kg) usai dinyatakan sembuh dari covid-19. Dia mengakui saat itu tubuhnya kurus dan tidak menyangka berat badannya akan turun tajam.

“Saya sempat turun berat badan 16 kg, waktu itu kurus sekali saya juga surprise,” kata Budi dalam diskusi online, Sabtu (27/6/2020).

Baca Juga: Terpapar Virus Korona, Menhub Beri Sinyal Batasi Penerbangan ke Korea hingga Italia

Saat itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepadanya tidak memikirkan pekerjaan terlebih dahulu. Presiden, kata Budi, meminta dia lebih banyak makan agar tubuh cepat pulih.

Mendengar pesan Presiden, Budi mengaku semangat dan sempat menaikkan porsi makan hingga 6 kali dalam satu hari. Akibatnya, berat badan Menhub naik 8 kg dalam 10 hari.

“Presiden juga telepon pak Budi jangan mikir kerjaan dulu yang penting banyak makan, saya waktu itu langsung makan 6 kali sehari susu 6 botol, dalam 10 hari naik 8 kg,” tuturnya.

Baca Juga: Menhub Sebut One Way Bikin Arus Mudik Adem Ayem

Namun ternyata porsi makan yang berlebihan tersebut mendapat tentangan dari dokter. Menhub mengatakan, dokter gizi menyarankan untuk tetap makan 3 kali sehari dan minum susu 2 kali dalam satu hari.

“Kata dokter enggak boleh naik lagi. Saya berat sekarang lebih kurus 6-5 kg karena dokter menyarankan ini berat ideal supaya metabolisme baik, daya dukung badan organ cukup memadai,” tutupnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini