Sri Mulyani Ungkap Rencana Besar 4 Bank BUMN Usai Terima Rp30 Triliun

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 12:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 20 2238064 sri-mulyani-ungkap-rencana-besar-4-bank-bumn-usai-terima-rp30-triliun-lb952dwSRx.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani berencana memindahkan penempatan uang negara kepada bank-bank BUMN yang tergabung ke dalam Himbara. Pada tahapan pertama, suntikan dana yang diberikan kepada Bank Himbara sebesar Rp30 triliun.

Menurutnya Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Tabungan Negara (BTN), telah memberikan informasi detail mengenai rencana penggunaan dana pemerintah.

Baca Juga: Bank Himbara Dapat Rp30 Triliun, Erick Thohir Pastikan Pemulihan Ekonomi Berjalan Baik

"Seperti Bank Mandiri akan menyalurkan untuk kredit produktif padat karya, ketahanan pangan dan mendukung sistem logistik nasional," ujar dia dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Senin (29/6/2020).

Kemudian, lanjut dia, total penyaluran yang dilakukan Bank Mandiri yaitu Rp21 triliun. Lalu BRI yang sudah melakukan restrukturisasi jutaan UMKM, melakukan ekspansi kredit 6 bulan untuk UMKM sebesar Rp122,5 triliun dengan komposisi segmen mikro 88% atau Rp108,8 triliun.

"Sementara BNI akan melakukan ekspansi kredit sektor riil, baik untuk korporasi usaha menengah dan kecil, consumer loan dengan nilai Rp15 triliun," ungkap dia.

Baca Juga: Penempatan Dana Rp30 Triliun ke Bank Himbara Akan Dievaluasi Tiap 3 Bulan

Kemudian BTN akan melakukan penyaluran kredit dominasinya adalah penyaluran untuk Kredit Pemilikan Rumah atau KPR pada sektor perumahan.

"Jadi kami harap akan terus meningkatkan dampak dalam ekonomi. Kami sampaikan kepada bank Himbara menyalurkan tiga kali lipat dari penempatan dana tersebut," jelas dia.

Dia menambahkan, Bank Himbara, juga menyampaikan suku bunga bisa direndahkan atau diturunkan dengan adanya penempatan dana pemerintah yang memiliki suku bunga lebih rendah.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini