Mendag dan Hary Tanoesoedibjo Sepakat Protokol Kesehatan jadi Kunci Kebangkitan Ekonomi New Normal

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 30 Juni 2020 20:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 30 320 2239117 mendag-dan-hary-tanoesoedibjo-sepakat-protokol-kesehatan-jadi-kunci-kebangkitan-ekonomi-new-normal-Fm9W8Dz3Yf.jpg Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Protokol kesehatan menjadi kunci kebangkitan ekonomi Indonesia yang terdampak Covid-19. Apalagi, kegiatan perekonomian sudah waktunya untuk bangkit kembali.

"Kuncinya adalah menjalankan protokol kesehatan dengan sadar dan disiplin tinggi, karena kalau kita sehat, semua kegiatan akan berjalan dengan baik, baik itu perdagangan maupun kegiatan sosial," kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di iNews Tower, Jakarta, Selasa (30/6/2020).

Dia mengatakan, sejak 15 Juni lalu, dengan mengedepankan protokol kesehatan beberapa kegiatan pusat perbelanjaan sudah mulai dibuka dan aktivitas perkantoran mulai aktif.

 Baca juga: Mendag Beberkan Cara Agar Perdagangan Bisa Berjalan Baik

"Seperti saya lihat di MNC Group ini, kegiatannya rileks, tapi mengedepankan protokol kesehatan. Jadi, semuanya berjalan dengan baik," tuturnya.

Masyarakat, lanjut Agus, saat ini sudah menyadari kalau untuk menghadapi Covid-19 memang harus mengedepankan protokol kesehatan. "Sendi-sendi perekonomian sudah mulai bangkit dan ini berjalan dan kita pantau, kita evaluasi tiap bulan bagaimana perkembangannya," tegasnya.

 Baca juga: Mendag Sebut Mal Ditutup Dua Bulan Bisa Kehilangan Rp13 Triliun

Pemerintah, kata Agus, saat ini terus aktif dalam menangani Covid-19. Pengetesan massal juga dilakukan dengan test kit, tes polymerase chain reaction (PCR) dan sebagainya. Hal tersebut penting untuk menjamin konsumen, pedagang, pengelola pasar, pengelola mall tetap aman. 

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan sektor ekonomi di bawah perdagangan yang labour intensive atau yang mempekerjakan orang banyak, seperti retail dan UMKM perlu diperhatikan.

 Baca juga: Mendag Beberkan Daftar Produk yang Tumbuh dan Pulih di Tengah Covid-19

"Kalau perlu kita buat portal saja khusus e-commerce untuk produk lokal," tuturnya.

Hal tersebut penting untuk meningkatkan produk lokal. Bila hal itu terjadi, MNC Media juga siap mempromosikan melalui televisi, media sosial hingga portal berita.

"Kalau lokal kita bangkit, kan otomatis ekonomi kita juga lebih baik, impor juga berkurang," jelasnya.

Hary menambahkan MNC Group siap berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan agar bisa memaksimalkan penyampaian informasi kepada masyarakat.

"Kami dari media membuka diri, mau dari televisi, media sosial, portal, koran. Kalau misalnya Pak Menteri dan jajarannya ingin ada hal yang dikomunikasikan dalam pemberitaan, silakan. Kita ingin kementerian bisa maksimal dalam hubungan dan tugasnya kepada masyarakat," kata Hary.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini