Perbarui Data Kemiskinan, Mensos hingga Bappenas Sambangi DPR

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 12:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 07 01 320 2239365 perbarui-data-kemiskinan-mensos-hingga-bappenas-sambangi-dpr-HvbVkQTh4u.jpg Kemiskinan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi VIII DPR RI menggelar rapat kerja bersama beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju. Rapat tersebut membahas verifikasi dan validasi data kemiskinan.

Menteri yang hadir dalam rapat kali ini yakni Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, serta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa.

Baca Juga: Fakta Lonjakan Kemiskinan dan Pengangguran akibat Corona, Nomor 5 Tak Disangka-sangka

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian diwakilkan.

"Hari ini, Komisi VIII menggelar rapat kerja bersama Mensos, Mendagri, Menteri Desa PDTT, Menteri PPN/Kepala Bappenas dan Menteri Keuangan mengenai verifikasi dan validasi data kemiskinan," ujar dia di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Baca Juga: Angka Kemiskinan Melonjak, Antisipasi Kondisi Terburuk Dipersiapkan

Dia menjelaskan, rapat kali ini dilakukan karena di tengah dampak pandemi Covid-19, para pemangku kepentingan perlu mengambil langkah strategis. Dan juga taktis untuk memastikan data kemiskinan dapat dipertanggungjawabkan.

"Jadi sudah saatnya pemerintah punya satu data kemiskinan yang menjadi rujukan kementerian/lembaga. Serta adanya sinkronisasi data masing-masing data kemiskinan di kementerian/lembaga," ungkap dia.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini