RUU Minerba Disahkan Jadi UU, Pengusaha Batu Bara: Penting untuk Kepastian Usaha

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 15:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 07 01 320 2239501 ruu-minerba-disahkan-jadi-uu-pengusaha-batu-bara-penting-untuk-kepastian-usaha-00PaA22qhK.jpg tambang (Okezone)

JAKARTA - Rancangan Undang-Undang Mineral dan Batu Bara (RUU Minerba) akhirnya disahkan menjadi Undang-Undang dalam Sidang Paripurna pada Selasa 12 Mei 2020. RUU Minerba berisi tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

Menurut Executive Director Asosiasi Pertambangan Batu bara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia, aturan baru tersebut harus diapresiasi karena memberikan kepastian perpanjangan kontrak kepada perusahaan tambang khususnya batubara.

 Baca juga: RUU Minerba, Ini Poin-Poin Penting yang Disepakati

"Aturan ini penting untuk memberikan kepastian berusaha sektor pertambangan di Indonesia. Dan tak ada yang seheboh pendapat orang-orang di luar," ujar dia pada acara IDX Channel di Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Dia menjelaskan aturan di Indonesia sebenarnya sudah jauh lebih ketat dari negara lain. Di mana Indonesia, konsesi harus diperpanjang berkala yakni pertama diberikan 30 tahun kemudian diperpanjang 2 kali 10 tahun.

 Baca juga: RUU Minerba Dibahas Terlalu Cepat? Ini Penjelasan DPR

Kemudian, lanjut dia membandingkan dengan perusahaan minyak dan gas yang bisa mengajukan perpanjangan izin 10 tahun sebelum konsesi habis. Untuk perusahaan minerba, aturannya tidak berubah, yaitu 2 tahun sebelum habis masa berlaku.

"Sebenarnya UU ini memberikan kepastian usaha dari PKP2B yang sudah ditetapkan 30 tahun lalu," ungkap dia.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini