Kepercayaan Meningkat, CEO Dunia Prediksi Ekonomi Meroket di 2021

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 18:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 320 2240811 kepercayaan-meningkat-ceo-dunia-prediksi-ekonomi-meroket-di-2021-t6nYYy0nxt.jpg Ekonomi Dunia (Shutterstock)

JAKARTA - Virus Corona atau Covid-19 telah membuat para pengusaha bekerja keras agar tetap bertahan. Perjuangan mereka tampaknya tidak sia-sia hingga saat ini.

Para pengusaha di dunia percaya bahwa pertumbuhan ekonomi dunia akan berangsur pulih pada kuartal II-2020. Bahkan akan meningkat pada 2021.

 Baca juga: Ramalan IMF: Hampir Seluruh Negara Ekonomi Minus tapi China Tumbuh 1%

Hal tersebut terlihat dari indeks kepercayaan para CEO. Dalam perhitungan indeks tersebut, kepercayaan para CEO melonjak setelah diadakannya rapat dengan para pengusaha-pengusaha. Naik menjadi 44 dalam 3 bulan terakhir, yang pada kuartal pertama nilainya 34. Seperti diketahui, indeks kepercayaan pengusaha tersebut akan menunjukan prospek positif pada poin 50.

Tekanan yang diakibatkan dari adanya Covid-19 membuat sejumlah sektor usaha mengalami penurunan pemasukan omzet. Hanya 10% dari pengusaha ini yang melihat kondisi ini telah membaik selama enam bulan terakhir.

 Baca juga: Krisis Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19, Kerugian Capai USD12 Triliun

Kenaikan tersebut dikarenakan para pengusaha mempunyai harapan dari pertumbuhan global. Di mana dapat membawa dampak pemulihan bagi China, Jepang dan India.

"Di tengah tingkat pengangguran yang tinggi, tantangan dalam bisnis, perekonomian yang lemah, dan pandemi yang masih bertahan, tidak mengherankan bahwa pengusaha merasa muram tentang keadaan saat ini," ujar direktur senior indikator ekonomi di The Conference Board, Lynn Franco.

 Baca juga: Ekonomi Global Diprediksi Minus 4,9%, IMF: Pemulihan Tak Pasti

Tekanan pada jangka pendek telah tertutupi dengan optimistis untuk semester II-2020. Sebagian dari pengusaha mengharapkan kondisi ekonomi secara keseluruhan membaik di semester II-2020.

Saat ini, hanya 16% pengusaha percaya ekonomi masih memburuk di 2021, jumlahnya turun dari 44% dari kuartal pertama 2020. Sedangkan CEO mengharapkan peningkatan di industri masing-masing yang diprediksi naik 70% dari awalnya 49% di kuartal sebelumnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini