UMKM Terbukti 'Sakti' Hadapi Krisis 1998 dan 2008, Saat Covid-19 Jadi Pijakan Ekonomi

Taufik Budi, Jurnalis · Sabtu 04 Juli 2020 09:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 04 320 2241053 umkm-kunci-kebangkitan-ekonomi-di-masa-pandemi-5PiK7CksUC.jpg Grafik Ekonomi (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

SEMARANG – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu sektor yang mampu bertahan pada krisis ekonomi pada 1998 dan 2008. Bisa jadi hal itu terulang pada krisis ekonomi yang dipicu oleh pandemi covid-19.

UMKM bisa menjadi kunci kebangkitan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Untuk itu, perlu dilakukan terobosan-terobosan guna menghidupkan dan mengembangkan UMKM yang sempat mati suri.

“Tantangan saat ini adalah membangkitkan kembali ekonomi dengan mencari momentum pijakan. Kekuatan saat ini apa, ya UMKM,” ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dikutip Sabtu (4/7/2020).

Dia menyebutkan bahwa potensi UMKM di Jawa Tengah sangat tinggi. Hal itu dilihat dari beberapa UMKM di daerah-daerah yang tetap survive di masa pandemi.

Baca Juga: Baru 21.080 Tenaga Medis Dapat Insentif, Gimana Nih Pak Jokowi? 

“Potensi UMKM di Jawa Tengah sangat tinggi. Kita sudah buat pemanasan kemarin saat pandemi kita minta bikin masker, mereka bisa. Suruh praktik bikin hasmat mereka bisa,” ungkapnya.

Untuk itu, Ganjar mengapresiasi langkah Bank Jateng yang bekerjasama dengan PT BKK Jateng tersebut untuk mendukung perkembangan UMKM di Jawa Tengah.

“Sekarang kita coba Bank Jateng dan PT BKK Jateng untuk membantu permodalan dan pendampingan. Selain itu juga sudah disiapkan marketplace Bimart atau Bima Market. Kita harapkan UMKM tetap survive, kualitasnya harus tidak biasa-biasa saja dan masuk kelas menengah syukur-syukur atas,” imbuhnya.

Baca Juga: Tak Semua Orang Perlu Saham, Tapi Tetap Butuh Investasi 

Ganjar membeberkan kunci keberhasilan pendampingan UMKM saat ini adalah marketing, teknologi informasi, budgeting, dan akses produk.

“Bukan permodalan yang pertama dibutuhkan. Ternyata yang dibutuhkan masyarakat itu marketing, penggunaan teknologi, budgeting, dan akses produk. Kita latih mereka, karena inilah kekuatan ekonomi di masa pandemi,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga berpesan semua pihak terkait untuk bekerja keras untuk membangkitkan ekonomi.

“Bukan hanya kesehatan yang diurus, tapi juga kebangkitan ekonomi. Untuk itu, saya titip pesan kerahkan semua tenaga, waktu dan pikiran untuk membangkitkan ekonomi,” tandasnya.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini