Share

Kalung Antivirus Corona, Ternyata Ini Isinya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 05 320 2241551 kalung-antivirus-corona-ternyata-ini-isinya-Obk6AaYG6t.jpg Kalung Antivirus Corona. (Foto: Okezone.com/Kementan)

JAKARTA - Pemerintah segera memproduksi masal kalung antivirus corona yang saat ini sedang dikembangkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian. Kalung yang menggadung tanaman Atsiri (eucalyptsus) atau minyak kayu putih ini diyakini bisa mengantisipasi virus corona.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menargetkan bisa memproduksi kalung Antivirus Corona pada Agustus. Hasil pengembangan dari Balitbang Kementerian Pertanian, kalung antivirus ini menggunakan tanaman Atsiri (eucalyptsus). Di mana dari hasil lab, dari 700 jenis, satu bisa mematikan Corona.

Untuk itu, dirinya pun akan memproduksi masal kalung antivirus tersebut. "Bulan depan ini sudah dicetak, diperbanyak,” ujarnya.

Minyak atsiri eucalyptus citridora bisa menjadi antivirus terhadap virus avian influenza (flu burung) subtipe H5N1, gammacorona virus, dan betacoronavirus.

Penemuan tersebut disimpulkan melalui uji molecular docking dan uji in vitro di Laboratorium Balitbangtan. Di mana laboratorium tempat penelitian eucalyptus telah mengantongi sertifikat level keselamatan biologi atau biosavety level 3 (BSL 3) milik Balai Besar Penelitian Veteriner.

Baca Selengkapnya: Kalung Antivirus Corona Diproduksi Bulan Depan, Minyak Roll On Atsiri Kapan?

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini