Kementan Bakal Buka-bukaan soal Kalung Antivirus Corona

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 320 2241690 kementan-bakal-buka-bukaan-soal-kalung-antivirus-corona-WEpJLAwMeb.jpg Kalung Antivirus Corona (Foto: Dok Kementan)

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) akan memberikan penjelasan ihwal fungsi dari bahan dasar kalung antivirus corona, Senin (6/7/2020). Diketahui, kalung itu terbuat dari minyak atsiri eucalyptus citriodora.

Keterangan itu akan digelar di Kantor Balai Besar Penelitian Veteriner Kementerian Pertanian (Kementan), Cimanggu Bogor. Rencananya, acara konferensi pers itu akan dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Baca Juga: Cara Kerja Kalung Antivirus Bunuh Virus Corona 

Sebelumnya, Kepala Badan Litbang Pertanian Fadjry Djufry mengatakan, hingga saat ini, banyak negara yang berlomba-lomba menemukan antivirus corona, begitupun di Indonesia, pemerintah melalui Kementerian dan Lembaga (K/L) terus mencoba mencari cara dan menemukan obat untuk mencegah serta menangani virus corona (Covid-19) yang masih mewabah di Indonesia.

"Ini bukan obat oral, ini bukan vaksin, tapi kita sudah lakukan uji efektivitas, secara laboratorium secara ilmiah kita bisa buktikan," kata Fadjry.

Baca Juga: Kalung Antivirus Corona, Kementan: Ini Bukan Vaksin 

Eucalyptus selama ini dikenal mampu bekerja melegakan saluran pernapasan, kemudian menghilangkan lendir, pengusir serangga, disinfektan luka, penghilang nyeri, mengurangi mual, dan mencegah penyakit mulut. Menurut Fadjry minyak atsiri eucalyptus citridora bisa menjadi antivirus terhadap virus avian influenza (flu burung) subtipe H5N1, gammacorona virus, dan betacoronavirus.

"Paling tidak ini bagian dari upaya kita, minyak eucalyptus ini juga sudah turun menurun digunakan orang dan sampai sekarang tidak ada masalah, sudah puluhan tahun lalu orang mengenal eucalyptus atau minyak kayu putih, meskipun berbeda sebenarnya, tetapi masih satu famili hanya beda genus di taksonomi” paparnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini