Share

Pindah Rumah Bikin Galau, Intip 5 Cara Hemat Berikut

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 470 2241756 pindah-rumah-bikin-galau-intip-5-cara-hemat-berikut-N0SIWIKqRJ.jpg Rumah (Shutterstock)

JAKARTA - Bagi kalian yang ingin pindah rumah, pastinya banyak yang diperhitungkan. Namun, banyak perhitungan tersebut malah membuat kebingungan sendiri.

Di pikiran banyak orang pun mempunyai keinginan memindahkan semua barang ke rumah barunya. Namun kenyataannya, malah menambah barang-barang lagi di rumah barunya.

Oleh sebab itu, perlu menyusun perencanaan terlebih dahulu. Konsisten dan disiplin harus diperbaiki dalam mengelola pindah rumah.

 Baca juga: Baru Gajian? Simak Cara Mengatur untuk Masa Depan hingga Cicilan

Oleh sebab itu, mengutip instagram Pritaghozie, Jakarta, Senin (6/7/2020), berikut persiapan pindahan rumah tapi tetap hemat:

1. Sortir Barang Lama

Momentum ini bisa jadi decluttering moment ala Marie Kondo, yang merupakan konsultan tata ruang asal Jepang. Pilah-pilah barang yang ada di rumah lama terlebih dahulu.

Pilihlah barang yang masih menyenangkan atau Spark Joy untuk disimpan. Sisanya, bisa kamu garage sale atau disumbangkan.

 Baca juga: Dear Milenial, Begini Strategi Menabung di Tengah Covid-19

Hal ini bisa menambah penghasilan kamu untuk memberi barang-barang yang dibutuhkan di rumah baru. Selain itu, bisa juga mengembangkan kehidupan sosialmu dengan disumbangkan.

2. Pertimbangkan Waktu

Pindahan di saat libur panjang anak sekolah maupun weekend akan sangat membantu. Hal ini dapat mengefisiensi trip mobil pindahan dalam satu hari.

Maka dari itu, sewa mobil harian akan lebih ekonomis. Tidak lama dalam pengiriman barangnya.

 Baca juga: Gaji Cuma Rp4 Juta, Penting Enggak Sih Beli Sepeda?

3. Jasa Pindahan Rumah

Untuk waktu lebih efisien, kalian bisa menggunakan jasa paket pengiriman. Dengan memperhitungkan paket per meter persegi dan paket per kilogram.

Tapi, jangan lupa lakukan survei terlebih dahulu. Carilah jasa yang menurutmu baik namun biayanya cukup terjangkau.

4. Membeli Barang Baru

Nah, yang satu ini menjadi hal yang bikin kalap mata. Kadang, bagi yang ingin pindah akan menginginkan barang-barang baru untuk menghias rumah mereka.

Awas jangan sampai kalap. Pahamilah bahwa kalian akan menempati rumah baru untuk periode yang cukup panjang. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk mencicil pembelian isi rumah agar dapat diatur dengan kondisi keuangan.

5. Perabotan Prioritas

Utamakan perabotan yang jadi prioritas. Terutama untuk setiap ruangannya.

Misalnya, kamar tidur, membutuhkan kasur dan lemari pakaian. Dapur, pastikan ada alat-alat masak dan makan.

Selain itu, untuk ruang bersantai, sediakan TV, meja belajar, dan sofa atau karpet dengan bantal mungil. Setidaknya, kamu bisa bersantai di sini sambil memikirkan dekorasi ke depannya.

Jadi, bagi kalian yang ingin pindah rumah, desain interior dan perabotan baru masih bisa hemat ke depannya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini