Kenalan dengan Lee Kun-hee, Bos Samsung yang Punya Harta Rp249,2 Triliun

Natasha Oktalia, Jurnalis · Kamis 09 Juli 2020 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 320 2243808 kenalan-dengan-lee-kun-hee-bos-samsung-yang-punya-harta-rp249-2-triliun-4Gqn0m2YVL.png Lee Kun-hee Menjadi Orang Terkaya di Korsel. (Foto: Okezone.com/Forbes)

JAKARTA - Bos Samsung Lee Kun-hee lagi-lagi menjadi orang kaya di Korea Selatan (Korsel). Dirinya memiliki kekayaan hingga USD17,3 atau setara Rp249,2 triliun (kurs Rp14.400 per USD).

Melansir dari Forbes, Jakarta, Kamis (9/7/2020), Lee menjadi miliarder terkaya di Korsel saat ini. Perusahaan elektronik yang dikelolannya pun menjadi salah satu yang banyak digunakan masyarakat dunia.

Produk yang dihasilkan dari perusahaan Lee beragam, mulai dari produk elektronik, layanan IT, smartphone serta televisi.

Baca Juga: Daftar 10 Miliarder Korsel di Tengah Corona, Bos Samsung Juaranya

Lee merupakan putra ketiga dari pendiri pertama Samsung yaitu Lee Byung-chull.

Sebelumnya, Lee Kun-hee dikabarkan mengalami sakit yang berkepanjangan. Namun bagaimana bila terjadi hal yang terburuk?

Seorang Blogger bernama John Yoo menulis mengenai proyeksi keadaan tersebut dan diunggah pada akun Twitter-nya. Tulisan itu pun menjadi polemik di jagat media sosial.

Dia mengatakan bahwa bila CEO Samsung wafat, Korea Selatan harus berpura-pura dia tetap hidup. "Karena jika dia wafat, negara itu mungkin akan mengalami spiral kematian ekonomi," ujarnya.

Baca Juga: Separuh Miliarder Korea Selatan Jatuh 'Miskin', Kekayaannya Tergerus Corona

Dirinya mengatakan, Samsung biasanya menyumbang 20% ​​dari ekspor seluruh negara Korea Selatan. Sebagai satu kelompok usaha, Samsung merupakan konglomerasi dengan pangsa pasar yang besar atau mengendalikan dalam bidang teknologi, konstruksi, keuangan & asuransi, perhotelan, keamanan, perjalanan, makanan, ritel. Bahkan jaringan usahanya mampu memberikan kontribusi 12% kepada PDB.

"Itu hanya kepentingan bisnis yang kita ketahui secara publik. Ya, hampir USD1 di setiap USD5 di negara yang didatangkan dari luar negeri, adalah oleh Samsung," ujarnya. (fbn)

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini