Mengintip 5 Wanita Terkaya di Korea Selatan, Hartanya Tembus Rp24 Triliun

Natasha Oktalia, Jurnalis · Kamis 09 Juli 2020 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 320 2243811 mengintip-5-wanita-terkaya-di-korea-selatan-hartanya-tembus-rp24-triliun-43XCcf5KLW.png Lee Boo-jin Menjadi Wanita Terkaya di Korsel. (Foto: Okezone.com/Forbes)

JAKARTA - Lee Boo Jin menjadi wanita terkaya saat ini di Korea Selatan. Dirinya memiliki kekayaan hingga USD1,68 miliar atau setara Rp24,2 triliun (kurs Rp14.409 per USD).

Selain itu, Forbes juga merilis data orang terkaya di Korea Selatan, di mana Bos Samsung Lee Kun-hee menempati peringkat pertama miliarder terkaya di negara tersebut. Lee tercatat memiliki kekayaan hingga USD17.3 miliar atau setara Rp249,2 triliun.

Kendati demikian, kali ini Okezone akan membahas soal siapa saja wanita terkaya di Korea Selatan selain Lee Boo-jin. Melansir dari Forbes, berikut di antaranya, Kamis (9/7/2020):

1. Lee Boo-jin

Perempuan yang menjabat sebagai presiden dan kepala eksekutif Hotel Shilla, berhasil menjadi perempuan terkaya ke-16 di Korea selatan. Dengan total kekayaan USD1,6 miliar. Diketahui, Hotel Shilla merupakan operator bebas pajak terbesar setelah Lotte.

Selain itu, Lee Boo-Jin juga menjabat sebagai penasihat pada Perdagangan Samsung C&T, dan perusahaan holding de-facto keluarganya.

Baca Juga: Kenalan dengan Lee Kun-hee, Bos Samsung yang Punya Harta Rp249,2 Triliun

2. Lee Seo-hyun

Bertugas mengawasi Samsung Welfare Foundation, sebuah badan amal yang didirikan oleh ayahnya, Lee Kun-hee. Saat ini kekayaan Lee Seo-hyun sebesar Rp21 triliun dan berhasil menjadi orang terkaya di urutan ke-17.

Selain itu, Lee Seo-hyun saat ini menduduki posisi sebagai kepala dewan penasehat di The Leeum, Museum Seni Samsung di Seoul, dan pada 2018, dia diketahui mengundurkan diri dari jabatannya pada divsi mode group, Samsung C&T.

3. Chey Ki-won

Chey Ki-won merupakan adik perempuan dari Ketua SK Group Chey Tae-won. Memimpin yayasan berbagi kebahagiaan SK, dan saat ini diketahui Chey Ki-won mempunyai kekayaan sebesar USD1,1 miliar atau Rp15,4 triliun dan berada di urutan 21 wanita terkaya di dunia.

Baca Juga: Daftar 10 Miliarder Korsel di Tengah Corona, Bos Samsung Juaranya

4. Lee Myung-hee

Urutan ke 42 orang terkaya di Korea Selatan diraih oleh Lee Myung-hee dengan total kekayaan sebesar USD804 miliar atau Rp11,7 triliun. Lee Myung-hee merupakan ketua grup Shinsegae di bidang fashion, perhotelan, makanan minuman dan sejumlah sektor lainnya.

Dirinya juga merupakan putri bungsu dari pendiri Samsung Group. Sebagian besar kekayaan saat ini berasal dari E-Mart yang dirilis pada 2011 silam.

5. Lee Hwa-kyung

Urutan terakhir ditempati oleh Lee Hwa-kyung yang merupakan wakil ketua Orion, salah satu kelompok penganan tertua dan populer di Korea. Lee memegang hampir 33% saham di Orion Holdings, dan diketahui Lee mempunyai total kekayan sebesar Rp11,2 triliun dan berada di urutan ke47 perempuan terkaya di dunia.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini