Arab Saudi Jagokan Mohammed Al-Tuwaijri Jadi Kandidat Kepala WTO

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 09 Juli 2020 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 320 2243929 arab-saudi-jagokan-mohammed-al-tuwaijri-jadi-kandidat-kepala-wto-31wUcY7v2e.jpg Arab Saudi Usulkan Mohammed Al-Tuwaijri Jadi Kepala WTO. (Foto: Okezone.com/Arabnews)

JAKARTA - Arab Saudi mengusulkan Mohammed Al-Tuwaijri menjadi salah satu kandidat kepala Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Dalam sebuah dokumen WTO, pencalonan penasihan pengadilan Kerajaan Saudi dikabarkan sudah diterima oleh organisasi tersebut. 

"Komunikasi mencalonkan Mohammad Maziad Al-Tuwaijri untuk posisi direktur jenderal, telah diterima dari delegasi Kerajaan Arab Saudi pada 8 Juli 2020," tulis dokumen tersebut, dilansir dari Arabnews, Kamis (9/7/2020).

Baca Juga: Digugat WTO, Jokowi: Hadapi, Siapkan Lawyer Terbaik dan Jangan Keok

Sebagai informasi, Al-Tuwaijri adalah Menteri Ekonomi dan Perencanaan Kerajaan pada November 2017 hingga Maret 2020. Kemudian dirinya ditunjuk sebagai penasihat istana kerajaan.

Sementara itu, WTO mengadakan kontes lebih cepat untuk menetapkan siapa kepala WTO selanjutnya. Di mana Kepala WTO saat ini Roberto Azevedo berencana akan keluar.

Kontes cepat sangat diperlukan, mengingat lembaga perdagangan dunia tengah menghadapi tantangan berat di tengah krisi ekonomi akibat virus corona.

Baca Juga: Pengusaha Sepakat Stop Ekspor Nikel Mulai 1 Januari 2020

Ketua baru WTO nantinya pun diharapkan bisa menghidupkan kembali pembicaraan perdagangan yang terhenti dan membuat dasar konferensi pada 2021. Ditambah lagi ada isu, bahwa Amerika Serikat akan meninggalkan WTO.

Saat ini tercatat sudah ada tujuh kandidat yang akan bersaing menjadi Kepala WTO nantinya. Namun ada dua kandidat yang sebelumnya sudah mengundurkan diri, di antaranya, Sekretaris Perdagangan Internasional Pasca-Brexit Inggris, Liam Fox dan mantan Ketua Dewan Umum WTO Kenya Amina Mohamed.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini