Detail Pengeluaran Bulanan Bisa Bantu Cash Flow Keluarga

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 09 Juli 2020 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 320 2243954 detail-pengeluaran-bulanan-bisa-bantu-cash-flow-keluarga-Wta9iJDp4U.jpg Cara Mengatur Keuangan untuk di Tengah Pandemi. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Sejak Indonesia dilanda pandemi virus corona atau Covid-19, beberapa perusahaan melakukan efisiensi dengan cara merumahkan hingga memotong gaji pegawainya. Keputusan tersebut diambil untuk mengurangi beban perusahaan dalam hal biaya gaji karyawan.

Salah satu cara terbaik menjaga keuangan pribadi dan keluarga supaya tetap aman adalah membuat laporan pemasukan dan pengeluaran bulanan. Nantinya, bisa diketahui apa saja alokasi pengeluaran tidak penting dan harus segera dipenuhi.

Baca Juga: Cara Cerdas Hindari Utang dari Gali Lubang Tutup Lubang

“Setiap orang karena lagi sulit. Pemasukan berkurang, pengeluaran bertambah. Kalau keuangan tidak diatur akan lepas dari cash flow,” kata Financial Planner Bareyn, dalam acara Millenial Zone yang bertajuk “Bangun Startup di Tengah Pandemi” Kamis (9/7/2020).

Dia menilai, dengan membuat cash flow akan membuat setiap orang mengetahui besaran utang yang sedang ditanggungnya. Diharapkan apabila masyarakat sedang memiliki utang yang besar, ajukan restrukturisasi kredit yang sedang diberikan oleh pemerintah.

“Kita bisa nego dan pembayarannya. Itu harus dimaksimalknan programnya agar memenuhi kebutuhan kita sehari-hari,” ujarnya.

Baca Juga: Stres Gaji Dipotong? Cobain Nih Cara Tambah Pemasukan

Selain itu, lanjut dia, di tengah situasi krisis ini setiap orang dituntut untuk selalu kreatif dalam mengelola keuangannya. Hal itu untuk mencegah gajian ludes sebelum waktunya.

“Artinya kita harus kreatif mengelola pengeluaran kita. Sederhananya mengurangi pemakaian alat-alat listrik,” katanya.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini