Cara Cerdas Hindari Utang dari Gali Lubang Tutup Lubang

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 09 Juli 2020 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 320 2243773 cara-cerdas-hindari-utang-dari-gali-lubang-tutup-lubang-fWqkgxIGlL.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Saat sedang keuangan pribadi atau keluarga sedang dilanda krisis, Anda jangan memutuskan untuk berutang. Contohnya, ketika seseorang terkena potongan gaji karena perusahaan tempat mereka bekerja terkena krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Banyak orang yang tenggelam dalam utang percaya bahwa mereka tidak bisa berbuat apa-apa untuk mengelola utangnya. Sehingga, jangan termakan dengan rayuan maut dari para marketing kartu kredit atau para perbankan yang menawarkan pinjaman.

Baca Juga: Stres Gaji Dipotong? Cobain Nih Cara Tambah Pemasukan

Apabila Anda kekeuh memutuskan untuk menambah penghasilan dengan cara mengajukan utang, itu bukan merupakan solusi terbaik dari permasalahan tersebut. Karena nanti kemudian hari Anda tak akan memiliki tabungan, uang kalian hanya akan habis untuk menutupi utang bulanan yang cicilannya terus bertambah.

“Kurang bijak bila solusi yang dilakukan dengan cara gali lubang tutup lubang,” kata Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho kepada Okezone, Kamis (9/7/2020).

gaji

Menurut dia, bila kondisi keuangan memang sudah mendesak dan harus segera memenuhi kebutuhan, maka sebaiknya menjual atau menggadaikan aset yang dimiliki seperti mobil atau motor. Hal itu merupakan salah satu cara agar kalian tidak terbebani dengan beban cicilan dan bunga yang terus bertambah.

Baca Juga: Gaji Dipotong Gegara Corona, Ini Cara Atur Keuangan agar Kantong Tak Jebol

“Dalam kondisi sangat terdesak, daripada mencari pinjaman sebaiknya dengan cara menjual atau menggadaikan barang atau aset yang ada agar tidak terbebani pengembalian utang tersebut, yang dalam kondisi seperti sekarang berpotensi gagal bayar,” ujarnya. (kmj)

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini