Jangan Stres Dulu Mikirin Biaya Sekolah saat Gaji Orangtua Dipotong, Coba Tips Ini

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 320 2245535 jangan-stres-dulu-mikirin-biaya-sekolah-saat-gaji-orangtua-dipotong-coba-tips-ini-WZREcpG6Wc.jpg Belajar Online (Okezone)

JAKARTA - Ajaran baru 2020-2021 telah dimulai sejak hari ini, namun masih bersifat online. Kegiatan belajar mengajar (KBM) itu dilangsungkan bagi jenjang pendidikan dasar hingga menengah di tengah pandemi Covid-19.

Saat menjalani sekolah daring, maka para orangtua harus menyiapkan dana yang dialoasikan untuk kuota internet. Namun, hal ini akan terasa berat bagi para orangtua yang mengalami pemangkasan gaji imbas Covid-19.

 Baca juga: 2 Tipe Menabung Disiplin dan Tak Disiplin, Ini Bedanya

Oleh sebab itu, dibutuhkan persiapan khusus agar keuangan keluarga tak jebol. Apalagi, kuota internet menjadi sangat penting hingga saat belajar mengajar melalui online.

“Karena saat ini kuota internet sangat diperlukan dan jadi kebutuhan wajib agar anak dapat bersekolah secara online, tentu hal tersebut menjadi hal yang harus dipenuhi oleh keluarga tersebut,” kata Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho kepada Okezone, Senin (13/7/2020).

 Baca juga: Berminat Investasi Emas, Pahami Dulu 2 Hal Ini

Menurutnya, di tengah keterbatasan keuangan namun harus menjaga besaran kuota internet, maka para orangtua harus mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting. Salah satu contohnya seperti mengurangi uang jajan anak, pergi makan di luar ataupun bepergian ke tempat wisata.

“Untuk bisa memenuhinya karena kondisi terbatas maka sebaiknya mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang kurang perlu semisal unttk kebutuhan-kebutuhab kesenangan pribadi. jadi semisal uang jajan anak juga dikurangi dan dialihkan untuk beli kuota internet. Ataupun mengurangi biaya makan di luar dan bepergian,” ujarnya.

 Baca juga: Di-PHK Dapat Pesangon, Baiknya Investasi Emas atau Pegang Cash?

Selain itu, lanjut dia, mereka bisa menambal gaji yang dipotong dengan cara memulai usaha baru. Diharapkan dengan adanya dua pemasukan dari tempar kerja dan berjualan dapat menyehatkan keuangan keluarga.

“Alternatif lainnya orangtua mau tidak mau harus menambah pemasukan sebagai penambal income yang berkurang dengan cara bekerja ataupun berbisnis sampingan,” katanya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini