5 Persiapan yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Usaha Baru

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 320 2245571 5-persiapan-yang-harus-diketahui-sebelum-memulai-usaha-baru-oIWHOahrUv.jpeg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Membangun sebuah bisnis tidak bisa asal, harus ada persiapan matang. Tujuannya agar usaha yang dibangun bisa berjalan dengan lancar. Saat ada hambatan pun bisa dilalui dengan baik.

Salah satu yang harus disiapkan saat memulai bisnis adalah analisa dulu usaha tersebut. Mulai dari peluangnya, kelebihannya, kekurangannya dan cara mempertahankannya.

Seperti yang dijelaskan dalam buku 99 Bisnis anak muda By Malahayati, Hendry E. Ramdhan, berikut beberapa manajemen yang harus diperhatikan dalam berbisnis:

1. Buatlah SWOT bisnis

Dalam manajemen, harus belajar menganalisis suatu kondisi dari sisi lemah atau sisi kuatnya. Hasil dari analisis ini bisa dijadikan batu pijakan untuk mengambil keputusan dengan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities dan Threat. Maksud dari SWOT sendiri adalah melihat kekuatan-kekuatan yang dimiliki, kekurangan, kelemahan, kesempatan bahkan ancaman yang akan datang.

Baca Juga: Berkah Tahun Ajaran Baru, Pedagang Seragam Sekolah Banjir Orderan

2. Analisis kebutuhan masyarakat

Sebagian besar bisnis muncul karena adanya rasa empati pada kebutuhan masyarakat. Misal, melihat keadaan sekitar seperti adanya anak-anak muda yang sedang menggemari tas berbahan kain, situasi tersebut dapat dimanfaatkan dengan membuka usaha di membuat tas tersebut.

3. Buat rancangan analisis bisnis

Sebelum terjun ke dunia bisnis tentunya harus membuat analisis. Meliputi, perhitungan sederhana tentang bisnis yaitu investasi yang dibutuhkan dan harganya, pengeluaran rutin dan asumsi harga, serta kira-kira pemasukan yang didapatkan. Dengan begitu, bisnis tersebut mempunyai prediksi berapa keuntungan yang didapat.

Baca Juga: Memulai Bisnis Pakai Duit Pesangon yang Minim Risiko, Untungnya Gede

4. Manajemen keuangan

Manajemen ini mudah dilakukan, yaitu dengan cara memisahkan keuangan bisnis dan keuangan pribadi. Menggunakan sebagian keuntungan untuk modal usaha yang bisa menghasilkan uang lagi dan tentunya masih banyak cara lainnya untuk mengatur keuangan bisnis.

5. Mencari ilmu dan pengetahuan tambahan

Menuntut ilmu sebanyak-banyaknya tentu tidak menjadi masalah. Sebelum terjun ke dunia bisnis, alangkah baiknya mengetahui dulu seluk beluknya. Ilmu sendiri bisa didapatkan dari buku motivasi, seminar, trik bisnis hingga pelatihan kewirausahaan.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini