Diguncang Corona, Bukit Asam Bidik Pasar Batu Bara ke Taiwan dan Brunei

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 278 2246102 diguncang-corona-bukit-asam-bidik-pasar-batu-bara-ke-taiwan-dan-brunei-gUS1HoQUuZ.jpg Batu Bara (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) akan menyiapkan konsep untuk menjajakan pasar batu bara di Taiwan dan Brunei Darussalam. Hal itu untuk mengantisipasi lesunya penurunan harga jual batu bara akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

"Harapannya ini potensi pasar ke depan, kemudian batu bara PTBA bisa diterima dengan baik dan sampai saat ini tidak ada keluhan dari buyer baru," kata Sekretaris Perusahaan PT Bukit Asam Apollonius Andwie dalam diskusi virtual, Selasa (14/7/2020).

Baca Juga: Ekspor Batu Bara Indonesia Capai USD7,77 Miliar hingga Mei 2020 

Menurut dia, pandemi ini merupakan seleksi alam bagi pengusaha batu bara. Apabila mereka mampu melewatinya, maka nantinya akan mencapai kesuksesan di dunia pertambangan.

"Saatnya seleksi alam, bagaimana perusahaan yang mampu keluar dari pandemi covid-19 ini akan jadi bagus ke depannya," ujarnya.

Baca Juga: Ada Corona, Indonesia Jajaki Ekspor Batu Bara ke Bangladesh hingga Pakistan

Dia menjelaskan, pihaknya akan fokus terhadap menjaga laba perusahaan. Tercatat, kuartal pertama tahun 2020 membukukan pendapatan sebanyak Rp5,12 triliun. Volume penjualan batu bara pada kuartal pertama tahun 2020 juga naik 2,1 persen dari 6,6 juta ton menjadi 6,8 juta ton.

"Perusahaan telah membentuk tim khusus efisiensi meninjau dan evaluasi untuk meberikan saran kepada manajemen bagaimana efisiensi bisa dilakukan secara optimal," kata dia.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini