Bulog Punya Sistem Baru Pendistribusian Pangan, seperti Apa?

Aditya Pratama, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 11:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 320 2246053 bulog-punya-sistem-baru-pendistribusian-pangan-seperti-apa-jOhqPyvoMl.jpg Pangan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Perum Bulog melakukan sejumlah penyesuaian ketersediaan pangan selama masa pandemi Covid-19. Adapun penyesuaian yang dilakukan adalah manajemen stok dan logistik di seluruh wilayah di Tanah Air.

Baca Juga: Belum Lunas, Pemerintah Baru Bayar Utang Rp556 Miliar ke Bulog 

Direktur Utama Bulog Budi Waseso mengatakan, selama masa pandemi Covid-19, Bulog turut membangun sistem baru dalam penyebaran logistik, di mana salah satunya melayani pembelian melalui online.

"Kita bangun sistem di mana kita siap melayani tidak hanya offline tapi online, kala dibutuhkan masyarakat kita langsung mendistribusikan di wilayah-wilayah itu," ujar Buwas dalam acara Market Review IDX Channel, Selasa (14/7/2020).

Baca Juga: Buwas Ingin Segera Pecat 100 Karyawan Bulog yang Terindikasi Mafia Beras 

Untuk memastikan ketersediaan logistik seluruh wilayah, Buwas menuturkan, pihaknya juga menggandeng pihak swasta di beberapa daerah dalam kapasitas pendistribusian.

"Termasuk kita kerja sama dengan beberapa swasta termasuk kita menjamin kualitas daripada beras yang kita simpan di mana setiap bulan kita cek, bilamana ada yang mengkhawatirkan karena ada serangan hama maka kami fumigasi supaya beras tetap aman," kata dia.

Untuk memastikan penyebaran yang merata, mantan Kepala BNN ini menyebut pihaknya telah menghitung berdasarkan kebutuhan setiap wilayah dengan jumlah penduduknya, baik di provinsi maupun kabupaten/kota.

"Karena Bulog ini merupakan cadangan, kita juga untuk mengendalikan kesiapan pangan di seluruh Indonesia, buktinya sampai hari ini tidak ada satu wilayah pun di Indonesia yang kekurangan pangan karena Bulog ada di mana-mana," ucap Buwas.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini