Jepang Akan Bangun 90 PLTBm dari Cangkang Sawit, Indonesia Harus Gercep

Ferdi Rantung, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 320 2246135 jepang-akan-bangun-90-pltbm-dari-cangkang-sawit-indonesia-harus-gercep-yrncr3bKYP.jpg Sawit (okezone)

JAKARTA - Kebutuhan energi biomassa di Jepang saat ini sedang tinggi. Biomassa ini merupakan implementasi dari energi terbarukan untuk pembangkit tenaga listrik.

Presiden Direktur Jetro Jakarta Keishi Suzuki mengungkapkan bahwa Jepang saat ini berencana untuk membangun pembangkit tenaga listrik biomassa.

 Baca juga: Industri Sawit Kebal Virus Corona, Ekspor Lancar Jaya

"Perhatian biomassa sebagai energi terbarukan semakin tinggi di Jepang. Saat ini di Jepang tengah direncanakan pembangunan 90 pembangkit tenaga listrik biomassa." kata Keishi dalam webinar secara virtual, Selasa (14/7/2020)

Dirinya mengatakan, Jepang membutuhkan bahan baku untuk memenuhi kebutuhan energi terbarukan tersebut. Beberapa yang dibutuhkan adalah, cangkang kelapa sawit dan pelet kayu.

Maka dari itu, dirinya melihat Indonesia sangat kaya akan bahan baku tersebut. Terutama cangkang sawit.

 Baca juga: Apa Bisa Peran Sawit Digantikan?

"Indonesia merupakan penghasil cangkang sawit terbesar di dunia. Untuk itu perlu ada kerja sama akan hal ini. kebutuhan cangkang sawit ini mencapai 10 juta ton. Jika diperdagangkan maka nilai ekspor berpotensi hingga 100 miliar yen," terangnya.

Dalam perdagangan ini, dirinya meminta agar adanya kestabilan supply serta harga yang dipatok secara jangka panjang. Sebab, pada dasarnya cangkang sawit ini merupakan barang sisa yang digunakan dari palm oil.

"Sehingga tidak menimbulkan biaya produksi atau zero production cost," ujarnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini