Dihantam Corona, Airbnb Minta Tamu Sumbangkan Uang untuk Pemilik Rumah

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 470 2246696 dihantam-corona-airbnb-minta-tamu-sumbangkan-uang-untuk-pemilik-rumah-VhgVNH1q5T.jpg Rumah (Reuters)

JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) membuat pendapatan Airbnb di seluruh dunia anjlok. Bahkan, saat ini platform sewa menyewa ini sudah meminta kepada para tamu untuk ikut serta membantu pemilik rumah.

Salah satunya adalah dengan mengirimkan kartu kebaikan yang mencakup sumbangan uang tunai kepada pemilik rumah. Sebab, para pemilik atau penyewa rumah ini pendapatannya mendadak anjlok karena pandemi yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

 Baca juga: Pemilik Properti di Airbnb Mulai Jual Asetnya Imbas Covid-19

Mengutip dari business insider, Rabu (15/7/2020), cara baru ini merupakan upaya lain untuk meredakan kekhawatiran keuangan tuan rumah, kali ini dengan meminta kontribusi dari para tamu sebelumnya. Seorang juru bicara Airbnb mengatakan 100% dari hasil dari kartu kebaikan akan diberikan kepada tuan rumah.

"Dengan semangat menghidupkan kembali koneksi, kami mengembangkan fitur baru yang memungkinkan para tamu untuk mengirim kartu virtual dengan pesan dukungan dan dorongan kepada tuan rumah yang menyediakan keramahtamahan yang luar biasa. Jika mereka mau, para tamu memiliki opsi untuk menambahkan kontribusi keuangan sukarela," ucap juru bicara.

 Baca juga: Airbnb PHK 1.900 Karyawan akibat Virus Corona

Tetapi alat tersebut telah mendapat reaksi cepat dari orang-orang di Twitter yang mengatakan bahwa mereka sama-sama berjuang untuk menghemat uang di tengah pandemi. Oleh karenanya, masyarakat mempertanyakan mengapa harus menjadi tanggung jawab mereka untuk mendukung tuan rumah.

Tuan rumah juga telah mengarahkan kemarahan mereka pada Airbnb, dengan mengatakan perusahaan menerapkan kebijakan pembatalan pada awal pandemi COVID-19 yang bahkan menghabiskan lebih banyak uang. Airbnb mengatakan pada bulan Maret bahwa pihaknya akan menghabiskan USD250 juta untuk memberikan suntikan kepada pemilik rumah atas pembatalan tamu yang berasal dari penutupan coronavirus.

Situasi keuangan sangat mengerikan bagi megahosts, beberapa di antaranya membeli puluhan properti dan membangun kerajaan sewaan jangka pendek yang merupakan sumber pendapatan utama mereka. Bahkan berdasarkan situs analytics AirDNA, sekitar sepertiga dari tuan rumah Airbnb memiliki lebih dari 25 properti.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini