Piknik Murah Tanpa Keluar Banyak Duit, Begini Lho Caranya

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 320 2247195 piknik-murah-tanpa-keluar-banyak-duit-begini-lho-caranya-BVswsgJLxA.jpg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi virus corona membuat seluruh masyarakat merasa bosan. Mengingat selama pandemi, masyarakat diminta untuk berdiam diri di rumah guna mencegah penyebaran virus corona.

Apalagi setelah ada kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mewajibkan masyarakat menjaga jarak dan berdiam diri di rumah. Sehingga ketika aktivitas ekonomi mulai di buka, tentunya masyarakat ingin pergi berlibur atau piknik untuk refreshing.

Namun keinginan refreshing di tengah situasi saat ini seringkali bentrok dengan badget yang tersedia. Tapi tenang, sebenarnya ada loh piknik yang murah meriah tanpa membuat kantong kalian jebol.

Baca juga: 3 Cara Hadapi Orang yang Ingin Berutang Tanpa Merusak Pertemanan

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan akan ada selalu jenis piknik yang hemat badget. Tinggal bagaimana kamu menyesuaikan jenis refreshing apa yang akan kamu jalankan sesuai dengan kesukaan kamu.

"Tergantung dari passion ataupun keinginan untuk kesenangannya tiap orang yaa. Kalah ditanya ada enggak ada pasti ada," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (16/7/2020).

Sebagai salah satu contohnya adalah bagi kamu yang suka baca buku. Kamu bisa pergi piknik ke toko buku ataupun perpustakaan untuk membaca buku. Jika kamu berkunjung ke perpustakaan, kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk bensin dan parkir kendaraan kamu. Sedangkan kamu bisa membaca buku sepuasnya di perpustakaan tanpa harus membayar.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Pinjam Uang ke Teman

"Hobinya baca pasti refreshing yang paling menyenangkan buat dia pasti baca. Entah itu dia beli buku atau baca ulang buku yang dia punya , atau bertukar dengan teman atau sekarang banyak buku buku online itu pasti jadi sarana refreshing yang murah meriah banget kan Atau misalnya bosan di rumah oh dia bisa datang ke perpusnas tempatnya bagus, koleksinya banyak pasti enak banget dan cuma bayar transportasi sama parkir," jelasnya.

Atau contoh lainnya adalah bagi mereka yang suka dengan sejarah maka bisa berkunjung ke Museum. Memang beberapa museum gratis untuk dikunjungi, namun biaya masuknya akan lebih murah jika dibandingkan dengan tempat wisata lainya.

"Terus buat yang suka dengan sejarah datang ke museum. Banyak komunitasnya juga. terus ada Jakarta heritage. Mereka tour ke museum ke tempat bersejarah. Lumayan murah kan" kata Andi.

Sementara jika kamu ingin bermain dan menghabiskan waktu dengan keluarga, kamu bisa mengunjungi destinasi wisata yang murah meriah. Misalnya untuk yang ada di sekitar Jakarta adalah objek wisata Ancol atau Kebun Binatang Ragunan. Kamu juga bisa membawa bekal sendiri dari rumah. Sehingga kamu tidak perlu untuk mengeluarkan uang buat belanja makanan ketika sedang piknik.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini