Perhatikan Hal Ini Sebelum Pinjam Uang ke Teman

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 320 2245670 perhatikan-hal-ini-sebelum-pinjam-uang-ke-teman-OcIWDTaxzO.jpg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Pertemanan dan uang bisa dikatakan sebagai dua hal penting yang harus dijaga. Tentunya kedua hal ini mempunya sifat yang bisa dikatakan "sensitif".

Dalam hal meminjam, alangkah baiknya uang yang dipinjam bukan untuk kebutuhan konsumtif. Seperti yang dijelaskan oleh Jouska_id dalam postingannya, Jakarta, Senin (13/7/2020).

Langkah pertama yang disarankan jika membutuhkan pinjaman ke teman atau saudara yaitu mencoba mengajukan pinjaman terlebih dahulu ke pinjaman bank atau institusi keuangan. Mitos yang beredar di kalangan sejumlah individu adalah kartu kredit itu jahat, padahal itu tidak benar. Pasalnya, kartu kredit justru bermanfaat untuk mengetahui kemampuan bayar kita terhadap kredit dan membangun kepercayaan kepada bank selama kita melakukan pembayaran secara tepat waktu.

Baca Juga: Berkah Tahun Ajaran Baru, Pedagang Seragam Sekolah Banjir Orderan

Jika kredit ditolak oleh bank karena beberapa hal, pinjaman alternatif ke teman atau saudara boleh dilakukan, tapi sebelum itu pastikan mempunyai track record yang bagus mengenai keuangan di lingkungan sosial.

Jangan lupa untuk membawa jaminan saat hendak mengajukan pinjaman ke teman atau saudara. Jaminan yang dititipkan bisa berupa BPKB atau mungkin surat berharga lainnya. Menurut Jouska, intinya harus memiliki kolateral yang jelas agar hubungan tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Persiapan yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Usaha Baru

Saran Jouska dalam hal ini alangkah baiknya jika semua transaksi pinjam meminjam dibuat tertulis secara legal, atau minimal ada bukti tertulis atau fisik lainnya. Hal ini dimaksudkan ketika terjadi masalah yang tidak diinginkan, sebagai kreditur mempunyai dasar yang jelas dalam menyelesaikan masalah.

"Jadi, sebaiknya mari kita jaga kesehatan finansial & jaga hubungan pertemanan kita" tulis Jouska dalam postingannya.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini