5 Keuntungan Sistem Kerja Fleksibel versi Bob Sadino

Safira Fitri, Jurnalis · Jum'at 17 Juli 2020 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 320 2247633 5-keuntungan-sistem-kerja-fleksibel-versi-bob-sadino-qu1Hbda2Cp.jpg Kerja Fleksibel (HQ)

JAKARTA - Memulai usaha baru haruslah mempunyai manajemen yang baik. Bersikap fleksibel menjadi acuan agar bisnis dapat berjalan dengan baik.

Apalagi, bisnis tersebut bukan hanya dilakukan oleh seorang saja, tapi rekanan atau menggunakan karyawan. Oleh sebab itu, fleksibelitas membuat rekan atau karyawan lebih mudah menerima pemikiran dan akan lebih produktif.

Dikutip dari buku "33 Cara Kaya Ala Bob Sadino: Motivasi Bisnis Anti Gagal" oleh Asterlita SV, Jakarta, Rabu (17/7/2020), kemampuan pebisnis untuk menjadi fleksibel atau luwes dalam bisnis dapat membantu usaha anda menjadi lebih sukses. Oleh sebab itu, berikut keuntungan menerapkan sistem kerja fleksibel di bisnis:

 Baca juga: Pentingnya Tentukan Lokasi saat Membuka Bisnis

1. Teamwork

Jika fleksibel pada karyawan mengenai pekerjaan-pekerjaan yang mereka lakukan, kamu akan melihat bahwa mereka lebih bersemangat untuk mengerjakannya. Kamu akan melihat bahwa para pegawai lebih terbuka akan ide-ide dan metode-metode baru yang bisa mereka lakukan.

Apabila karyawan tidak stres, mereka lebih siap saat dihadapkan pada sebuah proyek besar. Keuntungannya, anda akan melihat hasil yang positif.

 Baca juga: Lagi Cari Modal Buat Usaha? Coba Cara Ini

2. Kepuasan

Ketika bersikap fleksibel dan luwes dalam perusahaan, kita akan melihat bahwa tingkat kepuasan kerja karyawan berada pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada sebelumnya. Ketika orang diberikan peluang untuk bekerja di lingkungan yang bebas stres dan lebih santai, mereka akan menghasilkan karya yang memuaskan, bahkan bagi mereka sendiri.

3. Mengurangi Perputaran

Bila kita memiliki karyawan dengan tingkat kepuasan kerja tinggi, mereka cenderung berada di tingkat turnover (perputaran) yang meningkat. Ini berarti bisnis kita akan mendapatkan keuntungan perusahaan yang mirip dengan hasil kerja karyawan selama bertahun-tahun.

4. Munculnya Bakat Tersembunyi

Ketika bersikap fleksibel dalam menjalankan bisnis, kita mungkin akan terkejut melihat betapa banyak bakat tersembunyi yang dimiliki karyawan-karyawan. Posisi, jam kerja, dan pilihan pekerjaan yang fleksibel memungkinkan anda menemukan individu-individu berbakat yang sedang dibutuhkan perusahaan.

5. Percepatan Bisnis

Melalui bisnisnya, alm. Bob Sadino membuktikan bahwa usaha yang dijadwalkan secara lebih fleksibek cenderung tumbuh pada kecepatan yang lebih tinggi daripada usaha yang dijalankan secara kaku. Hal ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa orang lebih senang bekerja pada sebuah perusahaan yang memberikan mereka kebebasan dalam melakukan pekerjaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini