Lagi Cari Modal Buat Usaha? Coba Cara Ini

Natasha Oktalia, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 320 2247345 lagi-cari-modal-buat-usaha-coba-cara-ini-FevbNbyVZR.jpg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA – Modal bisa jadi penghalang seseorang dalam membangun bisnis. Apalagi kalau tabungan yang dimiliki tidak mencukupi untuk memulai bisnis.

Sebetulnya, ada banyak cara dalam mencari modal usaha. Bisa dari tabungan sendiri jika cukup namun bisa juga meminjam ke lembaga keuangan seperti bank.

Seperti yang dilansir dari buku Usaha Camilan Modal <1 Juta Balik Modal 1 Bulan Karya Adib Ihsan, Jakarta, Kamis (16/7/2020), berikut beberapa alternatif untuk mendapatkan suntikan dana untuk modal usaha:

Baca juga: Mau Buka Usaha Studio Foto? Begini Hitungan Untung Ruginya

1. Uang sendiri

Seperti pepatah berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Modal usaha bisa berasal dari hasil tabungan pribadi. Artinya, sebagai pelaku usaha harus menabung untuk modal usaha. Alternatif jika uang tidak mencukupi adalah, mencoba jalur investasi.

2. Menggadaikan harta ke pegadaian

Cara ini cukup efektif untuk mendapatkan dana secara cepat dan mudah. Tapi, perlu diperhatikan sebelum melakukan penggadaian. Dan, pastikan kalian mampu untuk menebus kembali barang tersebut suatu saat, karena kalau tidak barang yang digadai akan dilelang.

3. Pemasok dan penyalur

Modal berikutnya adalah mendapatkan uang dari pemasok atau penyalur. Orang atau perusahaan yang memasok dan menyalurkan barang ke perusahaan. Sistem pembayaran yang dapat dilakukan dengan cara dicicil atau kredit, sistem ini disebut dengan konsinyasi.

Baca juga: 5 Persiapan yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Usaha Baru

4. Kerjasama atau patungan dengan teman yang dipercaya

Hampir sama dengan investor, dalam hal ini pelaku usaha dapat mengumpulkan teman-teman yang sudah dipercaya. Modal dalam hal ini tidak selalu berupa dana, namun juga bisa berupa modal yang sudah terwujud seperti peralatan, media promosi, hingga bahan baku. Kunci dari cara ini adalah kepercayaan. Jangan lupa untuk membuat surat perjanjian, hal ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu hal di kemudian hari.

5. Pinjaman

Pinjaman ini bisa berasal dari beragam sumber. Tentunya pinjaman bisa berasal dari kredit bank,atau meminjam kepada teman atau saudara terdekat. Pastikan agar tidak telat dalam membayar utang, agar tidak menghilangkan kepercayaan.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini