Rambah Pasar Online, Begini 5 Hal untuk Cari Supplier dari China

Safira Fitri, Jurnalis · Jum'at 17 Juli 2020 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 320 2248029 rambah-pasar-online-begini-5-hal-untuk-cari-supplier-dari-china-zqsQkkFwe2.jpg Online Shop (Reuters)

JAKARTA - Tengah marak bisnis dengan menjual barang-barang yang merupakan hasil impor China. Model barang yang tidak bisa ditemukan dengan mudah, produk impor asal China pun biasanya memiliki keunggulan pada harga yang dibanderol cukup terjangkau bagi berbagai kalangan.

Apalagi, produk China terkenal dengan barang-barang yang bernilai daya saing tinggi tapi harganya bisa sangat miring. Maka dari itu, supplier bisnis dari China pun sangat dicari hingga saat ini.

 Baca juga: Pelajari Jenis Pasar Online dan Celah yang Harus Dikuasai

Apalagi, di zaman serba digital ini, pasar online sangatlah digandrungi. Pasar online (e-marketplace) juga harus dipantau dengan baik.

Bagi kalian yang ingin memulai bisnis untuk menjual produk asal China, maka harus mendapatkan supplier yang tepat. Melansir dari buku "Rahasia Bisnis Besar Impor Produk China" oleh Yana Mulyana, Jakarta, Jumat (17/7/2020), berikut beberapa tips untuk mencari supplier dari China agar aman masuk ke pasar online:

 Baca juga; Renyahnya Bisnis Camilan, Ikuti 5 Cara Ini agar Untung Banyak

1. Pilihlah e-marketplace yang dikelola oleh perusahaan yang berbasis di China, atau setidaknya di wilayah Greater China (Hong Kong, Taiwan, dan Macau). Setidaknya, bila di kemudian hari ada masalah dengan supplier, mereka bisa bantu menyelesaikannya dengan cepat.

2. Sebaiknya tidak mencari supplier di e-marketplace berbahasa Mandarin. Kecuali jika anda sendiri bisa berbahasa mandarin.

Hal ini guna melibatkan diri secara langsung dalam bernegosiasi dengan supplier. Dalam bisnis apapun, keterikatan emosi antara penjual dan pembeli sangat menentukan kelangsungan bisnis.

3. Pilihlah e-marketplace berbahasa Inggris dengan platform keanggotaan global. Artinya, e-marketplace tersebut bukan hanya diperuntukkan bagi perusahaan-perusahaan yang berbasis di China, tapi untuk semua negara.

Perusahaan-perusahaan yang terdaftar di e-marketplace ini hampir semua memiliki Export/Sales Manager yang berkomunikasi dalam bahasa Inggris karena bidikan utama mereka adalah pasar luar China (overseas market).

4. Pilihlah e-marketplace yang memiliki aplikasi chatting antar member. Fasilitas tersebut akan membantu anda untuk secara langsung berkomunikasi dengan supplier, minimal untuk langkah awal. Selanjutnya bisa anda follow up melalui media komunikasi lain seperti QQ, WeChat, Line, WhatsApp, Skype, Email, dan tentu saja by phone.

5. Pilihlah e-marketplace yang memiliki fasilitas suppliers verification (biasanya diistilahkan dengan Gold Member, Goldkey Member, Verified Supplier, Verified Manufacturer, Verified Factory, atau istilah sejenis lainnya). Ini adalah tips terpenting dan harga mati, karena menyangkut status calon supplier. Apakah mereka real company, ada kantor, pabrik, dan fasilitas fisik lainnya. Ataukah sebaliknya, perusahaan abal-abal yang hanya memanfaatkan e-marketplace sebagai showcase.

Verified supplier, selain diwajibkan membayar biaya keanggotaan tahunan yang nilainya tidak sedikit, mereka juga harus bersedia diverifikasi keabsahan dokumen legalitas, dicek keberadaaan kantor, pabrik, gudang, dan fasilitas fisik lainnya (onsite check), jika ada.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini