Share

Renyahnya Bisnis Camilan, Ikuti 5 Cara Ini agar Untung Banyak

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 17 Juli 2020 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 320 2247796 renyahnya-bisnis-camilan-ikuti-5-cara-ini-agar-untung-banyak-2GowFHPa4W.jpg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA – Bisnis camilan juga perlu strategi agar laris manis di pasaran. Misalnya bisnis olahan kentang stik keju. Umumnya, camilan ini digemari di berbagai kalangan usia. Apalagi kalangan anak-anak.

Tapi, memulai usaha memang perlu persiapan ekstra mulai dari peralatan hingga modal yang akan digunakan. Jangan sampai ada yang terlewatkan saat mempersiapkan usaha tersebut. Camilan dengan bahan dasar keju dan talas ini digemari karena cita rasa gurih dan enak. Namun, perlu diingat menjalankan sebuah usaha tentunya tidak boleh setengah-setengah.

Baca juga: Pentingnya Tentukan Lokasi saat Membuka Bisnis

Seperti informasi yang dikutip dari buku Usaha Camilan Modal <1 Juta Balik Modal 1 Bulan Karya Adib Ihsan, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Berikut tips memulai usaha stik keju atau talas.

1. Menentukan lokasi

Sebelum mematangkan memilih lokasi, disarankan untuk melakukan survey terlebih dahulu. Selama survei, dapat memperhatikan akses jalan dan melihat daerah yang berpotensi akan menghasilkan pembeli yang besar.

Baca juga: Lagi Cari Modal Buat Usaha? Coba Cara Ini

2. Mencari supplier bahan jadi

Jika sudah mendapatkan lokasi, segera bangun usaha tersebut. Cari supplier bahan jadi untuk stik keju dan talas pada pasar atau sejumlah toko grosir. Perlu hukumnya untuk pelaku usaha mengetahui perbedaan rasa dan harga antar supplier.

3. Persiapkan alat-alat

Alat yang diperlukan mulai dari mesin sealer, plastik 0,5 ons yang sudah di sablon dengan merk. Pastikan agar kemasan tertutup rapat agar tidak adanya udara masuk hingga membuat stik rusak.

Baca juga: Mau Buka Usaha Studio Foto? Begini Hitungan Untung Ruginya

4. Membuat catatan jual beli/konsinyasi

Catatan sederhana ini dibuat sebagai aset dan sebagai pengganti bon atau nota. Catatan tersebut berisi stok barang yang keluar dan pemasukan yang diperoleh.

Baca juga: 5 Persiapan yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Usaha Baru

5. Siapkan mental baja penjual keliling

Buang jauh jauh perasaan gengsi, datangi titik strategis yang telah disurvei sebelumnya. Tawarkan sejumlah pemilik toko untuk menyediakan produk tersebut di tokonya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini