Rahasia Keberhasilan Pertanian yang Harus Diketahui

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 17 Juli 2020 20:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 320 2248205 rahasia-keberhasilan-pertanian-yang-harus-diketahui-yJvKBycCL1.jpg Pertanian (Okezone)

JAKARTA - Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian menilai kunci keberhasilan pertanian ada pada produktivitas. Hal itu disampaikan oleh Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi.

Menurutnya faktor pengungkit produktivitas khususnya pertanian adalah inovasi teknologi dan sarana prasarana pertanian, serta kebijakan peraturan perundangan termasuk local wisdom, yang masing-masing kontribusinya sekitar 25%.

 Baca juga: Tak Terdampak Covid, Karawang Bisa Kirim Beras ke Jakarta

"Sedangkan yang paling besar adalah SDM yang kontribusinya mencapai 50% dalam produktivitas," ujar Dedi dalam diskusi online milenial agriculture forum, Jumat (17/7/2020).

Kemudian, lanjut dia pembangunan pertanian belum cukup kalau hanya bicara inovasi, sarana dan prasarana, termasuk kebijakan peraturan perundangan.

 Baca juga: Mentan Minta Tambahan Anggaran Rp10 Triliun, Buat Apa Ya?

"Yang utama adalah bagaimana kita meningkatkan SDM, sehingga mampu mengimplementasikan inovasi, sarana dan prasarana dengan baik dan benar, serta mampu mengusulkan kebijakan peraturan perundangan yang mendukung pertanian," ungkap dia.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian mencatat hanya ada sekitar 29% petani yang usianya kurang dari 40 tahun atau disebut sebagai petani milenial.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini