Gaji ke-13 Cair, PNS Kok Ngeluh Bu Sri Mulyani?

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 320 2250424 gaji-ke-13-cair-pns-kok-ngeluh-bu-sri-mulyani-j3bPKiQ29c.jpg PNS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan cair pada Agustus 2020. Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp28,5 triliun yang menjadi bagian dari stimulus ekonomi.

Namun, tidak semua PNS akan mendapat gaji ke-13. Sebab, kebijakan gaji ke-13 PNS sama seperti Tunjangan Hari Raya (THR) pada Mei 2020.

Dengan demikian, pejabat negara, pejabat eselon I dan II hingga setingkat tidak menerima gaji ke-13. Artinya hanya PNS eselon III ke bawah dan pensiunan yang akan mendapatkan gaji ke-13.

Baca Juga: PNS Terdampak Perampingan Bakal Dapat Uang Tunggu, Ada Syaratnya 

Lalu bagaimana komentar PNS setelah kabar baik ini? Kabar pencairan gaji ke-13 sangat ditunggu setelah sebelumnya mundur karena pandemi virus corona atau Covid-19.

Lily Rusna, salah satu PNS Kementerian Koordinator bidang Perekonomian menyambut baik kabar pencairan gaji ke-13. Ibu dua anak ini sudah sangat menantikan gaji ke-13.

"Alhamdulillah akhirnya cair. Seneng pasti, karena emang udah ditunggu-ditunggu," kata Lily kepada Okezone, Jakarta, Rabu (22/7/2020).

Baca Juga: Selamat! Gaji ke-13 PNS Cair Agustus 2020 

Sama seperti THR, pencairan gaji ke-13 juga tidak akan full. Komponen gaji ke-13 pada 2020, antara lain, gaji pokok dan tunjangan melekat yang terdiri dari tunjangan keluarga serta tunjangan jabatan. Tetapi tidak termasuk tunjangan kinerja (tukin).

"Sejujurnya sih inginnya full dapetnya gapok (gaji pokok)+tukin, karena kan THR kemaren sudah enggak full. Masak gaji 13 enggak full juga. Tapi ya kalau emang gapok doang, pasrah aja dah," katanya.

Lily akan menggunakan uang dari gaji ke-13 untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi, Lily baru saja melahirkan anak keduanya.

"Uangnya buat nambahin kebutuhan sehari-hari. Apalagi kan saya baru aja lahiran dan sekarang anak saya dua. Jadi kebutuhannya makin besar," katanya.

Senada dengan Lily, salah satu PNS Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang enggan disebutkan namanya juga senang dengan pencairan gaji ke-13. Namun, dirinya tidak terlalu senang lantaran jumlahnya tidak full.

"Seneng sih sebenernya. Soalnya pas THR kemarin aja enggak full," katanya.

Dia mengatakan, uang dari gaji ke-13 akan ditabung untuk anak sekolah. "Niatnya emang buat ditabung untuk sekolah anak. Lumayan buat nambah-nambah walaupun enggak yakin full dapetnya," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini