Kabar Baik, Indonesia Masih Bisa Selamat dari Jurang Resesi

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2020 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 20 2251583 kabar-baik-indonesia-masih-bisa-selamat-dari-jurang-resesi-SEZXGwkYRW.jpg Ekonomi RI (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah optimis Indonesia punya peluang tidak masuk ke jurang resesi ekonomi tahun ini. Namun, potensi resesi diperkirakan tidak terlalu dalam.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu menyatakan, Indonesia masih bisa selamat dari ancaman resesi ekonomi yang kini sudah menerpa sejumlah negara, seperti Singapura hingga Korea Selatan (Korsel).

"Karena ancaman resesi bisa dihindari oleh Indonesia berpegang pada penerimaan pajak yang dianggap mulai membaik. Sebab akumulasi hingga Mei, penerimaan pajak disebut minus 15%. Lalu membaik menjadi minus 12% hingga Juni dan hingga akhir tahun diproyeksikan minus 10%," kata Febrio dalam diskusi webinar di Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Baca Juga: Jack Ma hingga Colin Huang Jual Saham Gila-gilaan, Untungnya Fantastis 

Dia menjelaskan pemerintah terus berupaya agar ekonomi Indonesia tidak sampai resesi di 2020. Adapun syarat agar Indonesia tidak resesi adalah menjaga ekonomi di kuartal III tidak negatif.

"Saat ini kita masih punya peluang untuk tidak masuk ke dalam resesi. Kalaupun resesi harapannya mungkin tidak terlalu dalam mungkin sekitar berada di sekitar 0% dan kalau lebih kecil dari itu mungkin sedikit di bawah 0%," tandasnya.

Baca Juga: Lebih dari 400 Karyawan Pensiun Dini, Bos Garuda: Alhamdulillah 

Dia menegaskan perbankan sudah mulai menyalurkan kredit modal kerja dari pendapatan dana pemerintah. Hal ini dipercaya akan membangkitkan lagi sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Kami usahakan dorong semua sektor pemulihan ekonomi nasional agar kuartal III 2020 tidak negatif, mudah-mudahan bisa di atas nol persen," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini