Share

Cara Wawancara dan Seleksi Kerja untuk Penyandang Disabilitas

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2020 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 320 2251570 cara-wawancara-dan-seleksi-kerja-untuk-penyandang-disabilitas-M3tMdBxgoS.jpg Info Lowongan Kerja dan Cara Wawancara Bagi Para Penyandang Disabilitas. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memberikan tips wawancara dan seleksi kerja bagi penyandang disabilitas. Hal ini agar Pasal 5 Undang-Undang Ketenagakerjaan, yang isinya Setiap Tenaga Kerja Memiliki Kesempatan yang Sama Tanpa Diskriminasi untuk Memperoleh Pekerjaan.

Bagi pencaker dan perusahaan diharap memperhatikan tips wawancara dan seleksi kerja bagi penyandang disabilitas ini. Melansir Instagram @kemnaker, Jakarta, Jumat (24/7/2020), berikut tahapan wawancaranya dan seleksinya:

1. Fokuskan pada keterampilan, pengetahuan dan kemampuan khusus yang dianggap penting untuk fungsi-fungsi pekerjaan yang lowong.

Baca Juga: Lowongan Kerja, TikTok Bakal Rekrut 10.000 Pegawai

2. Usahakan memilih tes yang formatnya dapat diakses oleh pelamar penyandang disabilitas.

3. Anggota tim pewawancara harus dibekali petunjuk tentang proses wawancara dan seleksi bagi penyandang disabilitas.

4. Pengusaha harus mempertimbangkan cara-cara yang memungkinkan para calon mengikuti dan menjalankan wawancara dengan cara yang setara dengan pelamar lainnya (izinkan menggunakan juru bahasa isyarat atau pendamping).

Baca Juga: Tinggal 4 Hari, Berikut Lowongan Kerja di PTPN

5. Dalam menerbitkan undangan wawancara, pengusaha harus mendorong para calon untuk terlebih dahulu mengemukakakn kebutuhan atau akomodasi khusus yang mungkin mereka perlukan agar dapat mengikuti wawancara.

Sementara itu, pencaker penyandang disabilitas dapat mencari kerja melalui berbagai informasi lowongan. Pertama, mencari informasi lowongan kerja melalui Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten/Kota/Provinsi.

Kedua, mencari informasi pada portal Online Sisnaker (karirhub.kemnaker.go.id) dan mendaftarkan diri sebagai pencari kerja. Ketiga, mencari informasi melalui portal online yang dikelola swasta seperti www.dnetwork.net dan www.kerjabilitas.com

Keempat, mempersiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan dalam seleksi kerja.

Sebagai informasi, kabar baik datang bagi teman-teman penyandang disabilitas. Kemnaker (Kementerian Ketenagakerjaan) bersama dengan Kementerian BUMN sepakat untuk memperkerjakan penyandang disabilitas.

Hal tersebut dimaksudkan dalam upaya memberikan perlidungan dan pemenuhan hak kepada penyandang disabilitas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini