Kuliah S2 Sambil Kerja, Coba Perhatkan Hal Ini agar Tak Keteteran

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 25 Juli 2020 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 25 320 2251903 kuliah-s2-sambil-kerja-coba-perhatkan-hal-ini-agar-tak-keteteran-rPV54dCV1k.jpg Kampus (Foto: Univerlecco)

JAKARTA - Melanjutkan studi saat masa pandemi bisa menjadi salah satu opsi. Apalagi bagi beberapa orang yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) saat pandemi seperti ini.

Karena saat pandemi seperti ini, akan sangat sulit untuk mencari pekerjaan. Mengingat, perusahaan juga saat ini sedang menghemat keuangannya demi bisa bertahan di tengah pandemi.

Baca Juga: Pemerintah Buka Kesempatan bagi PNS yang Ingin Lanjut S2 

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, sebelum memulai melanjutkan studi hendaknya mengetahui terlebih dahulu tujuan utamanya, sehingga hasil belajar selama dua tahun tersebut tidak sia-sia.

Karena menurut Andi, jika memang tidak sesuai passionnya maka hanya akan membuang-buang waktu saja. Ditambah lagi biaya yang dikeluarkan juga cukup besar.

"Jadi kerja iya kemudian sore atau malamnya harus kuliah. Akan sangat melelahkan, keteteran harus memilih mana yang didahulukan. Ada juga yang berjalan secara beriringan," ujarnya saat dihubungi Okezone, Sabtu (25/7/2020).

Baca Juga: Yakin Lanjut S2? Ini Tips agar Kamu Tak Menyesal 

Selain itu, jika berpikir untuk melanjutkan studi juga harus pandai-pandai membagi waktu. Apalagi bagi yang sudah memiliki pekerjaan atau bisnis, jangan sampai kuliah mengganggu pekerjaan.

Namun menurut Andi, di balik hal itu semua ada sejumlah keuntungan yang bisa didapat. Bagi yang memilih untuk melanjutkan studi, keuntungannya adalah mendapatkan ilmu baru sesuai dengan bidangnya. Kemudian yang kedua adalah bisa memperluas jaringan.

Sebab menurut Andi, jika melanjutkan pendidikan maka akan mendapatkan informasi lebih tentang dunia pekerjaan. Apalagi biasanya mereka yang melanjutkan studi seperti S2 itu memiliki pekerjaan yang lebih stabil.

"Berarti minimal kita punya temen temen kuliah yang lebih luas lagi dibandingkan teman teman S1 kita. Kita juga mungkin lebih tereksposure dengan berbagai macam informasi atau berita berita di dunia pendidikan apalagi kalau sudah S2, S3 biasanya mereka lebih stabil pekerjaannya ada lowongan di sana ada lowongan di situ," jelasnya.

Keuntungan lainnya adalah, akan mendapatkan lebih banyak pilihan profesi. Karena jika sudah menuju jenjang lebih tinggi seperti S2 memungkinkan untuk bisa mengajar sebagai dosen.

"Atau misalnya mereka mau ngajar juga mereka punya peluang di sana karena memiliki kompetensi untuk mengajar juga," kata Andi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini