Pekerja Disabilitas Tak Disediakan Fasilitas yang Mudah Diakses, Perusahaan Bakal Disanksi

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 320 2252696 pekerja-disabilitas-tak-disediakan-fasilitas-yang-mudah-diakses-perusahaan-bakal-disanksi-Mn5mu5N2fg.jpg Tenaga Kerja Disabilitas. (Foto: Okezone.com/Huffingpost)

JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menegaskan bahwa perusahaan yang mempekerjakan penyandang disabilitas wajib memberikan upah yang sama dengan tenaga kerja yang bukan disabilitas.

Berdasarkan Pasal 49 Undang-Undang Penyandang Disabilitas, upah yang diberikan sama dengan jenis pekerjaan dan tanggung jawab yang sama. Demikian dikutip dari Instagram @kemnaker, Senin (27/7/2020).

Baca Juga: Insentif Kartu Prakerja Rp600.000 Kok Belum Cair, Kenapa?

Selain itu, ada beberapa kewajiban pemberi kerja kepada penyandang disabilitas yang mesti diperhatikan. Di antaranya, menyediakan akomodasi yang layak dan fasilitas yang mudah diakses oleh tenaga kerja penyandang disabilitas (Pasal 50 ayat (1) Undang-Undang Penyandang Disabilitas)

Membuka mekanisme pengaduan atas tidak terpenuhi hak Penyandang Disabilitas (Pasal 50 ayat (2) Undang-Undang Penyandang Disabilitas). Menjamin agar penyandang disabilitas dapat melaksanakan hak berserikat dan berkumpul dalam lingkungan pekerjaan (Pasal 51 Undang-Undang Penyandang Disabilitas).

Baca Juga: Menko Luhut: 500 TKA Hasilkan Tenaga Kerja Ahli, Bukan Tukang Pacul

Sementara itu, bila pemberi kerja tidak menyediakan akomodasi yang layak dan fasilitas yang mudah diakses oleh tenaga kerja penyandang disabilitas dikenai sanksi seperti teguran tertulis, penghentian kegiatan operasional. Kemudian pembekuan izin usaha dan pencabutan izin usaha.

Sebelumnnya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Menteri BUMN Erick Thohir sudah melakukan penandatanganan komitmen tersebut. Komitmen tersebut berisikan Nota Kesepahaman bersama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tentang pelatihan kerja dan penempatan tenaga kerja penyandang disabilitas pada BUMN.⁣

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini