Bu Sri Mulyani, Indonesia Bisa Selamat dari Jurang Resesi?

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 20 2253491 bu-sri-mulyani-indonesia-bisa-selamat-dari-jurang-resesi-kxJxnCwlzn.jpg Sri Mulyani (Foto: Setkab)

JAKARTA - Pemerintah masih optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun ini tidak akan minus atau mengalami resesi.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani yakin pertumbuhan ekonomi hanya mencapai 0% pada 2020. Hal ini seiring pemulihan akan terjadi pada kuartal III dan IV.

"Untuk pemulihannya juga sangat tergantung pada penanganan Covid-19, terutama semester II yaitu kuartal III dan IV ini," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual usai mengikuti rapat terbatas di Istana Negara, Selasa (28/7/2020).

Baca Juga: Ekonomi Indonesia Mulai Pulih dari Covid-19, Menperin Ungkap Buktinya 

Menurut hitung-hitungannya, jika kedua faktor tersebut berjalan sesuai harapan, maka perekonomian di paruh kedua tahun ini masih bisa selamat dari zona negatif.

"Dengan proyeksi ekonomi di kuartal III berada di rentang 0% sampai tumbuh 0,4%, serta kuartal IV pertumbuhan ekonomi bisa mencapai antara 2% sampai 3%," kata Sri Mulyani.

"Kalau penanganannya efektif dan berjalan seiring pembukaan aktivitas ekonomi, maka ekonomi bisa recovery di kuartal III dengan positif growth 0,4%, dan pada kuartal IV akan akselerasi ke 3%. Sehingga total perekonomian kita masih bisa tumbuh positif di atas 0% di tahun ini," katanya.

Baca Juga: Segera Tukarkan, 7 Pecahan Rupiah Ini Tak Berlaku Lagi Tahun Depan

Dia melanjutkan ketidakpastian covid masih akan terjadi hingga tahun 2020. Adapun, pemerintah akan mencoba mengontrol Covid-19 dengan mendesain APBN dengan baik dan tepat.

" Oleh karena itu ketidakpastian ini dipertimbangkan di dalam desain APBN," katanya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini