Chatib Basri Beberkan Alasan Indonesia Tak Bisa Terapkan Lockdown

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 320 2253412 chatib-basri-beberkan-alasan-indonesia-tak-bisa-terapkan-lockdown-ATPhV6WpyA.jpg PSBB (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, ada beberapa alasan Indonesia sulit menerapkan kebijakan lockdown atau pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Menurutnya, jaminan sosial negara belum cukup untuk mengakomodasi kebutuhan seluruh masyarakat.

"Apabila meminta orang tinggal di rumah, kita harus bayar mereka. Maka itu yang menjelaskan kenapa India, Meksiko, Indonesia sulit melakukan PSBB atau lockdown. Sebab jaminan sosial kita tak cukup,” ujar dia dalam telekonferensi, Selasa, (28/7/2020).

Baca Juga: Presiden Jokowi Merasa Beruntung Tak Lakukan Lockdown, Begini Faktanya 

Chatib menjelaskan, kondisi Indonesia berbeda dengan Swedia yang pemerintahnya mampu mencukupi jaminan sosial bagi semua penduduk negara itu sebelum memutuskan lockdown.

"Kita juga memandang kebijakan lockdown menimbulkan bias, khususnya bagi kelompok menengah atas," ungkap dia.

Baca Juga: Menko Luhut Buka-bukaan Kenapa Indonesia Tak Pakai Strategi Lockdown Lawan Corona 

Kemudian, lanjut dia, masyarakat yang bisa tinggal di rumah tanpa beraktivitas di luar ruangan adalah mereka yang memiliki tabungan. Sementara masyakarat yang berada di level ekonomi bawah tidak memiliki pilihan lain kecuali bekerja.

"Jadi hal ini tercermin dari pemulihan sektor ekonomi yang lebih dulu bergeliat, yaitu pasar-pasar tradisional. Meskipun protokol kesehatan sulit diterapkan sehingga memungkinkan munculnya klaster-klaster Covid-19 yang baru," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini