3 Faktor yang Menentukan Bisnis Bisa Bertahan dalam Kondisi Apapun

Safira Fitri, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 320 2254018 3-faktor-yang-menentukan-bisnis-bisa-bertahan-dalam-kondisi-apapun-bLhA0QG8i6.jpg Tips Memulai Usaha. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Rencana sangat dibutuhkan untuk merintis usaha. Tujuannya supaya usaha ke depannya berjalan lancar dan bisa bertahan dalam kondisi apapun.

Pelaku usaha wajib mempelajari prospek bisnis yang dijalani. Dengan demikian bisa mengembangkan bisnis di masa mendatang.

Untuk mengetahui prospek bisnis, dapat melakukan observasi secara langsung pada pesaing yang menjalankan bisnis sejenis. Seperti dikutip dari buku "101 Tips for Woman Inc" oleh Jubilee Enterprise, Jakarta, Kamis (30/7/2020), dalam menilai prospek bisnis juga perlu menganilisis tentang beberapa faktor berikut ini.

1. Pertumbuhan pasar

Faktor ini sangat penting untuk diperhatikan. Ketika meninjau bisnis yang akan dijalankan, perlu mengetahui apakah bisnis tersebut sedang mengalami kenaikan atau justru sebaliknya mengalami kemunduran.

Baca Juga: Jeli Melihat Peluang, Pengrajin Ini Untung Besar dari Tren Sepeda

Jika sedang naik, apa faktor yang menyebabkannya naik, demikian pula sebaliknya. Dengan menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan pertumbuhan pasar naik atau turun, maka dapat disimpulkan bagaimana prospek bisnis yang dijalankan ke depannya.

2. Pergeseran selera atau gaya hidup

Faktor ini tidak kalah penting untuk diperhatikan seperti pertumbuhan pasar. Dalam menganalisis faktor ini, perlu mengetahui bagaimana perkembangan selera atau gaya hidup masyarakat, khususnya pasar sasaran hingga saat ini.

Baca Juga: Belajar di Rumah, HP Harga Rp2 Jutaan Laris Manis

Apakah ada perubahan signifikan yang berpengaruh pada tingkat permintaan mereka terhadap bisnis yang dijalankan? Sebagai contoh misalnya, teknologi informasi dan komunikasi yang semakin berkembang menjadikan tingkat kebutuhan terhadap sarana komunikasi seperti ponsel semakin tinggi.

Dengan beragam bentuk dan merek serta harga yang terjangkau, kini masyarakat dapat dengan mudah memiliki ponsel. Perubahan gaya hidup masyarakat tersebut memberikan surplus bagi perkembangan industri ponsel.

3. Perubahan sentimen dan persepsi pasar

Faktor perubahan sentimen dan persepsi pasar ini juga memengaruhi prospek bisnis di masa mendatang. Berkenaan dengan hal tersebut, diperlukan analisa bagaimana trend atau kecenderungan sentimen dan persepsi pasar terhadap industri bisnis akan dijalankan.

Jika tren menunjukkan peningkatan, maka menandakan bisnis tersebut memiliki prospek yang baik. Demikian pula sebaliknya, misalnya banyaknya bencana yang terjadi tidak hanya mengancam keselamatan tetapi juga kehilangan harta benda. Kondisi ini mengubah pandangan masyarakat terhadap asuransi.

Dengan adanya perubahan pandangan masyarakat tersebut, maka bisnis asuransi akan semakin berkembang pesat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini