Mana Lebih Untung Beli Logam Mulia atau Perhiasan Emas?

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 320 2254488 mana-lebih-untung-beli-logam-mulia-atau-perhiasan-emas-SlOIzWS6Ki.jpg Harga Emas (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bagi sebagian orang, investasi emas menjadi salah satu pilihan apalagi di tengah pandemi seperti saat ini. Mengingat risikonya jauh lebih rendah dan harganya juga terus naik.

Namun ada dua jenis emas yang bisa dipilih sebagai investasi pertama adalah logam mulia dan emas perhiasan. Namun banyak yang belum tahu dan bingung untuk memilih emas perhiasan atau logam mulia.

Baca Juga: Harga Logam Mulia Tembus Rp1 Juta, Perhiasan Emas Juga Ikut Naik ? 

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, jika melihat rata-rata orang Indonesia, emas perhiasan masih lebih menarik. Karena biasanya jika membeli emas perhiasan bisa dibawa-bawa sekaligus dipamerkan kepada orang-orang.

Sementara untuk logam mulia biasanya hanya segmen tertentu saja. Biasanya mereka yang membeli logam mulia yang sudah lebih paham mengenai instrumen investasi dalam bentuk emas ini.

Baca Juga: Harga Meroket tapi Penjualan Emas Perhiasan Anjlok, Kok Bisa? 

Namun dua-duanya bisa menjadi salah satu opsi untuk investasi. Apalagi saat ini harganya sedang naik terus baik itu logam mulia maupun perhiasan.

“Kalau bagi masyarakat awam biasanya dipergunakan. Tapi kalau orang orang yang tau tentang logam mulia bisa di logam mulia. Tetapi harus ingat orang kebanyakan ingin dipakai. Masyarakat ini banyak minta perhiasan karena tiap hari dipakai bisa buat mejeng ada arisan dipakai semua,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (30/7/2020).

 Emas

Sementara Itu, keduanya memiliki kekurangan masing-masing. Bagi emas perhiasan kenaikan harganya disaat seperti ini tidak terlalu signifikan terutama bagi yang di bawah 24 karat.

“Tapi kalau yang bukan emas 24 karat ya sama sama saja,” kata Ibrahim.

Sementara untuk logam mulia memang harganya lebih menjanjikan. Hanya saja ongkos untuk membeli logam mulua relatif lebih mahal karena harus membayar biaya sertifikat yang biasanya sebesar Rp100.000

“Kalau dari perhiasan itu kan ongkosnya relatif lebih murah. Kalau logam mulia kan ongkosnya mahal. Itu perbedaannya,” jelasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini