Protokol Kesehatan, APPBI: Lihat yang Positif Corona Kena di Mana

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 320 2254685 protokol-kesehatan-appbi-lihat-yang-positif-corona-kena-di-mana-mr0NWm82Yd.jpg Mal (Shutterstock)

JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan meminta kepada pemerintah untuk tak hanya tegas kepada pihaknya. Dirinya berharap pemerintah menunjukkan taringnya kepada penjual makanan yang ada di jalanan.

"Soalnya kalau menurut saya, di mal penjagaan begitu ketat, jaga jaraknya begitu ketat," kata Stefanus kepada Okezone, Kamis (30/7/2020).

 Baca juga: Pengelola Mal Soroti Protokol Kesehatan PKL

Dia menilai aktivitas perekonomian di pinggir jalan itu kurang memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Di mana penjual dan pembelinya tak menerapkan jaga jarak.

"Kita lihat dulu di mal itu jadi jelas penambahan jumlah korbannya atau mereka kenanya bukan di mal," ujarnya.

 Baca juga: Apa Sih Bedanya Supermarket, Minimarket hingga Mal? Ini Jawabannya

Dia meminta para petugas bisa menjalani fungsinya untuk mentertibkan setiap masyarakat yang tak mematuhi protokol kesehatan.

"Ada tindakan petugas berlebihan dateng ke mal. Ini salah, itu salah. Padahal mal udah mengeluarkan lebih banyak untuk ikut standar covid," kata dia.

 Baca juga: Mendag Sebut Mal Ditutup Dua Bulan Bisa Kehilangan Rp13 Triliun

Seperti diketahui, pemerintah kembali melaporkan jumlah kasus positif Covid-19 di Tanah Air. Tercatat kasus positif virus Corona (Covid-19) hingga 30 Juli 2020, sebanyak 106.336 orang.

Jumlah ini merupakan hasil tracing melalui pemeriksaan sebanyak 30.046 spesimen yang dilakukan dengan metode real time polymerase chain reaction (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM).

Selain itu, juga dilaporkan kasus yang sembuh dari Covid-19 pada hari ini tercatat sebanyak 64.292 orang. Sementara jumlah yang meninggal dunia sebanyak 5.058 orang.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini