Rhenald Kasali: Berikan Orang Miskin Tunjangan Sosial

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2020 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 20 2254931 rhenald-kasali-berikan-orang-miskin-tunjangan-sosial-cCmJ7GLHEv.jpg Tidak Ada Pilihan Selain Berikan Bansos untuk Masyarakat di Tengah Covid. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia Rhenald Kasali menilai pemberian tunjangan sosial kepada masyarakat miskin dan rentan miskin merupakan solusi terbaik untuk mengatasi krisis ekonomi di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Menurutnya, tidak ada lagi pilihan kepada pemerintah untuk menyelesaikan kondisi perekonomian yang sedang carut marut selain memberikan jaminan sosial tersebut.

Baca Juga: Rhenald Kasali Beberkan Beda Krisis Ekonomi 1998, 2008 dan Akibat Covid-19

"Kalau rumusnya yang paling bawah itu adalah pemberian tunjangan sosial. No choice," kata Rhenal dalam diskusi di Youtube, Jumat (31/7/2020).

Dia menyebut, kaum-kaum menengah ke paling terkena dampak dari adanya krisis ini. Sehingga, mereka harus diberikan perhatian lebih agar tak menimbulkan masalah yang lain.

"Jadi terhadap kaum lemah itu harus diberikan dukungan. Kalau enggak kita kapitalisme," ujarnya.

Baca Juga: Masuk Sektor Prioritas, Pariwisata Dapat Jaminan Kredit 80%

Dia mencontohkan, kebijakan itu sudah diambil oleh Amerika Serikat dan Australia, meski jumlah pemberian uang tunainya pun tidak sama.

"Amerika saja, mereka yang mengganggur dapat tunjangan pengangguran. Diberikan USD1.000. Australia juga melakukan hal seperti itu. Walaupun jumlahnya tidak sama. Jadi buat yang di bawahnya itu harus dibuatkan dulu jaminannya. Itu wajib diberikan," kata dia.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini